Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut beberapa pekerjaan untuk lulusan teknik pangan
Siker.id | 09 May 2023 10:00


Bagikan ke
ilustrasi teknik pangan (siker / doc.freepik)

siker.id - Teknik pangan merupakan ilmu yang mempelajari tentang produksi, pengolahan, pengawetan, dan distribusi makanan. Sebagai lulusan teknik pangan, Anda memiliki banyak pilihan karir di berbagai bidang, termasuk industri makanan, dan kesehatan.

Baca juga: Simak 4 Prospek Kerja Jurusan Teknologi Pangan Ini!

Berikut adalah beberapa pekerjaan yang cocok untuk lulusan teknik pangan:

1. Ahli teknologi makanan
Sebagai ahli teknologi makanan, Anda bertanggung jawab untuk mengembangkan dan memperbaiki proses produksi makanan, mengawasi standar kualitas, dan memastikan produk makanan aman untuk dikonsumsi. Anda dapat bekerja di industri makanan, perusahaan katering, atau restoran. Posisi ini membutuhkan pengetahuan yang mendalam tentang bahan makanan, kimia, dan teknologi pengolahan makanan.

2. Staf/Supervisor Produksi Makanan dan Minuman
Sebagai staf produksi makanan dan minuman, Anda bertanggung jawab dalam proses produksi makanan dan minuman. Anda dapat bekerja di industri pengelolaan makanan, perusahana katering atau restoran. Posisi ini membutuhkan pengatahuan mengenai bahan makanan, teknologi pengelolaan makanan dan tentunya perlu mengetahui metode PPIC

3. Staf/Supervisor Pengendali Kualitas (Quality Control)
Sebagai Pengendali Kualitas, Anda bertanggung jawab untuk membuat PPIC, melakukan administrasi stok bahan bakum mengontrol proses produksi dan pengendalian kualitas. Dalam melaksanakan tanggung jawab tersebut, akan lebih mudah jika Anda menguasai pembuatan PPIC,audit SNI dan ISO dan metode HACCP

Baca juga: Quality Control; Pengertian, Tugas, dan Keterampilan

4. Ahli riset dan pengembangan
Sebagai ahli riset dan pengembangan, Anda bertanggung jawab untuk mengembangkan inovasi dan teknologi baru untuk produksi dan pengolahan makanan. Anda dapat bekerja di universitas, perusahaan makanan, atau lembaga riset. Posisi ini membutuhkan pengetahuan yang mendalam tentang kimia, biologi, dan teknologi pengolahan makanan.

5. Inspektur pangan
Sebagai inspektur pangan, Anda bertanggung jawab untuk memeriksa dan memastikan bahwa produk makanan yang dijual di pasar aman untuk dikonsumsi. Anda dapat bekerja di pemerintahan, badan pengawasan makanan, atau lembaga inspeksi independen. Posisi ini membutuhkan pengetahuan yang mendalam tentang keamanan pangan, standar kualitas, dan peraturan pemerintah tentang makanan.

Baca juga: Peluang Kerja Lulusan Teknik Pangan

Sebagai lulusan teknik pangan, Anda memiliki banyak pilihan karir di berbagai bidang. Pekerjaan di bidang teknologi makanan, riset dan pengembangan, serta inspeksi pangan adalah beberapa contoh pekerjaan yang cocok untuk lulusan teknik pangan. Pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda, serta peluang yang tersedia di pasar kerja.

Demikian informasi yang telah kami rangkum. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.


Reporter: Lifiani
Editor: -

     

Komentar
Pencarian