Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 6 Ciri Lingkungan Kerja Toxic
Siker.id | 03 May 2023 13:30


Bagikan ke
Ilustrasi Lingkungan Toxic (siker.id/dok. Freepik)

siker.id - Lingkungan kerja toxic adalah lingkungan kerja yang tidak sehat yang ditandai dengan adanya pola perilaku atau praktik yang merugikan karyawan secara fisik maupun psikologis. Lingkungan kerja yang toxic dapat menyebabkan stres yang berlebihan, ketidakpuasan, dan penurunan produktivitas, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental karyawan serta lingkungan kerja secara keseluruhan. Lingkungan kerja yang tidak sehat dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental karyawan serta produktivitas mereka. Beberapa contoh lingkungan kerja yang tidak sehat meliputi:

Baca juga: 5 Alasan Kamu Perlu Memiliki Passion dalam Hidup

1. Kurangnya dukungan dan komunikasi yang buruk

Kurangnya dukungan dan komunikasi dalam pekerjaan dapat menyebabkan karyawan merasa tidak dihargai dan kurang termotivasi. Hal ini dapat berdampak pada kesejahteraan mental dan fisik mereka, serta produktivitas dan kualitas pekerjaan yang dihasilkan

2. Ketidakadilan

Perlakuan yang tidak adil terhadap karyawan, seperti pilihan kasih atau diskriminasi, dapat menyebabkan ketidakpuasan dan ketidakpercayaan.

3. Kurangnya kesempatan pengembangan

Karyawan tidak diberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dan karir mereka, atau bahkan dihambat oleh atasan mereka.

Baca juga: Hati-Hati! Kenali 9 Tanda Rekan Kerjamu Toxic

4. Konflik antara rekan kerja atau atasan

Karyawan sering terlibat dalam konflik dengan rekan kerja atau atasan mereka yang dapat memengaruhi produktivitas dan kesejahteraan mental mereka.

5. Terlalu banyak tekanan

Lingkungan kerja yang penuh dengan tekanan dapat menyebabkan stres yang tinggi pada karyawan. Tekanan yang terus menerus dapat memicu masalah kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi.

6. Kurangnya kontrol dan partisipasi

Karyawan yang merasa tidak memiliki kontrol atau partisipasi dalam pekerjaannya dapat merasa tidak termotivasi dan stres.

Semua faktor di atas dapat mempengaruhi kesehatan dan produktivitas karyawan. Lingkungan kerja yang toxic dapat menyebabkan stres yang berlebihan, ketidakpuasan, dan penurunan produktivitas, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental karyawan serta lingkungan kerja secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman bagi karyawan. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Kebiasaan Buruk Saat Bekerja Yang Harus Ditinggalkan


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar