Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
8 Tips Menghadapi Hari Pertama Kerja di Kantor Baru
Siker.id | 03 May 2023 14:04


Bagikan ke
ilustrasi hari pertama kerja (siker / doc.freepik)

siker.id - Memulai pekerjaan baru di kantor dapat menjadi pengalaman yang menegangkan dan menantang. Saat Anda masuk ke dalam kantor baru, Anda harus menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja baru, beradaptasi dengan tim baru, dan mempelajari peran dan tanggung jawab baru Anda.

Baca juga: Hari Pertama Bekerja, Apa yang Harus Dilakukan?

Agar bisa melewati hari pertama kerja dengan sukses, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

1. Persiapkan diri Anda secara mental dan fisik
Sebelum hari pertama, pastikan Anda mempersiapkan diri secara mental dan fisik. Tidur cukup, dan pastikan Anda sudah memiliki perlengkapan kerja yang dibutuhkan seperti pakaian yang sesuai, alat tulis, dan laptop atau komputer Anda sudah siap.

2. Tiba lebih awal
Pastikan Anda tiba lebih awal di kantor pada hari pertama Anda. Ini akan memberi Anda waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja baru, mempelajari kantor baru Anda, dan membuat Anda merasa lebih santai sebelum memulai pekerjaan Anda.

3. Kenali lingkungan kerja Anda
Setelah Anda tiba di kantor, luangkan waktu untuk mengenali lingkungan kerja Anda. Cari tahu di mana letak ruang rapat, ruang istirahat, dan kamar kecil. Pastikan Anda juga tahu siapa saja yang bertanggung jawab atas departemen atau tugas tertentu.

4. Kenali rekan kerja Anda
Anda juga perlu mengenali rekan kerja Anda pada hari pertama. Selain mengenali nama mereka, cobalah untuk mengetahui tentang departemen atau tugas yang mereka kerjakan. Cobalah untuk membangun hubungan dengan mereka dan bertanya tentang pengalaman mereka bekerja di perusahaan.

Baca juga: 6 Cara Tingkatkan Komunikasi Dengan Rekan Kerja

5. Ajukan pertanyaan
Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan pada hari pertama Anda. Ini akan membantu Anda memahami lebih banyak tentang pekerjaan dan perusahaan. Pertanyaan seperti "Apa yang menjadi prioritas utama dalam proyek ini?" atau "Bagaimana tugas ini terkait dengan tujuan perusahaan secara keseluruhan?" dapat membantu Anda memperjelas tugas dan tanggung jawab Anda.

6. Buat jadwal kerja
Pada hari pertama, pastikan Anda membuat jadwal kerja untuk minggu pertama Anda. Jadwalkan waktu untuk mempelajari sistem dan prosedur kerja perusahaan dan untuk bertemu dengan rekan kerja Anda. Pastikan juga Anda mengalokasikan waktu untuk bekerja pada tugas-tugas yang diberikan pada hari pertama.

7. Bersikap profesional
Pada hari pertama, pastikan Anda bersikap profesional. Kenakan pakaian yang sesuai dengan dress code kantor, dan hindari menggunakan bahasa yang kasar atau terlalu informal. Bersikap ramah dan santai akan membantu Anda terlihat lebih baik di mata rekan kerja Anda.

8. Tetap tenang
Terakhir, tetap tenang. Ingatlah bahwa semua orang pernah mengalami hari pertama di kantor, dan Anda tidak sendirian. Jangan terlalu khawatir tentang membuat kesalahan, karena kesalahan adalah bagian dari proses belajar dan bertumbuh. Beri diri Anda kesempatan untuk belajar

Baca juga: 3 Persiapan Saat Hari Pertama Bekerja

Demikian tips menghadapi kerja di kantor baru yang telah kami rangkum. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.


Reporter: Lifiani
Editor: -

     

Komentar