Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Alasan Kamu Perlu Mengenali Gaya Belajarmu
Siker.id | 02 May 2023 14:00


Bagikan ke
Ilustrasi Belajar (siker.id/dok. Canva)
ARTIKEL TERKAIT

kontenPedia.com - Gaya belajar merupakan suatu cara seseorang memperoleh, memproses, dan mengingat informasi. Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda dalam mempelajari sesuatu. Terdapat beberapa jenis gaya belajar yang umum, yaitu; (1) Visual, (2) Auditori dan (3) Kinestetik. Mengenali gaya belajar sangat penting karena ada beberapa alasan mengapa harus menyesuaikan cara belajar dengan gaya belajar, di antaranya:

Baca juga: 8 Tips Cari Kerja Untuk Freshgraduate

1. Meningkatkan efektivitas belajar

Dengan menyesuaikan cara belajar dengan gaya belajar, kamu akan lebih mudah memahami dan mengingat materi yang dipelajari, sehingga proses belajar akan lebih efektif.

2. Meningkatkan efisiensi belajar

Dengan menggunakan metode belajar yang sesuai dengan gaya belajar, kamu dapat mempercepat proses belajar dan mencapai tujuan belajar lebih cepat dan lebih efisien.

3. Meningkatkan motivasi belajar

Dengan menggunakan metode belajar yang sesuai dengan gaya belajar, kamu akan merasa lebih terlibat dalam proses belajar dan lebih termotivasi untuk belajar lebih lanjut.

4. Mengurangi kebosanan belajar

Dengan menggunakan metode belajar yang sesuai dengan gaya belajar, kamu dapat mengurangi kebosanan dan frustrasi yang terkait dengan belajar, sehingga aka

bih senang dan lebih bersemangat dalam mempelajari materi.

5. Menemukan gaya belajar yang baru

Dalam mengenali gaya belajar, kamu juga dapat menemukan gaya belajar baru yang mungkin lebih cocok bagi dan membantu dalam mempelajari subjek yang sulit.

Baca juga: Tips Menghadapi Wawancara Kerja Agar Tidak Grogi

Mengenali gaya belajar sangat penting karena setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Dengan memahami gaya belajar diri sendiri, kamu dapat menyesuaikan cara belajarmu agar lebih efektif dan efisien. Jika kamu belajar menggunakan metode yang tidak sesuai dengan gaya belajar mu, kamu mungkin merasa kesulitan untuk memahami atau mengingat materi yang dipelajari. Misalnya, jika kamu adalah seorang visual learner, maka menggunakan gambar dan diagram akan membantu kamu memahami dan mengingat materi yang dipelajari lebih baik daripada hanya membaca teks. Namun, jika kamu adalah seorang auditory learner, maka mendengarkan kuliah atau rekaman audio mungkin lebih membantu daripada membaca. Dengan mengenali gaya belajar kamu sendiri, kamu dapat menyesuaikan metode belajar agar lebih efektif dan mempercepat proses belajar. Hal ini dapat membantumu mencapai tujuan akademik atau karir lebih cepat dan lebih mudah. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Rekomendasi 5 Website Side Hustle Terbaik


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian