Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 5 Kepribadian dan Pekerjaan yang Cocok
Siker.id | 02 Dec 2021 21:00


Bagikan ke
Mencocokkan kepribadian yang Anda punya dengan pekerjaan memang bisa menjadi gambaran yang baik dalam melihat karir kedepannya. (siker)

siker.id - Banyak sekali hal yang harus di pertimbangkan ketika memilih pekerjaan. Kebanyakan orang akan mempertimbangkan nominal gaji, lingkungan pekerjaan, tujuan karir, dan fasilitas yang didapat. Dari berbagai hal yang dipertimbangkan untuk memilih jenis pekerjaan ada satu hal yang sangat penting yaitu kepribadian diri. Kepribadian juga mempengaruhi kecocokan Anda dengan pekerjaan saat ini. Jika memilih pekerjaan yang mendukung kepribadian Anda, maka Anda akan bekerja dengan lebih efektif dan optimal. Anda juga merasa lebih nyaman mengekspresikan diri dan mengembangkan diri untuk mencapai kesuksesan dalam pekerjaan tersebut. Berikut ini beberapa kepribadian serta jenis pekerjaan yang cocok dengan kepribadian tersebut!

Baca juga: 4 Tipe Kepribadian DISC, Kamu Termasuk yang Mana?

1. Kepribadian Realistis

Kepribadian yang pertama adalah realistis atau orang yang suka melakukan tindakan langsung (doer). Ciri-ciri orang-orang realistis adalah bersifat sungguh-sungguh, tulus, stabil, serta praktis. Jenis pekerjaan yang cocok untuk orang yang realistis adalah arsitek, petani, dan insinyur. Jika Anda orang yang realistis, akan cocok dengan lingkungan dan jenis pekerjaan yang diisi oleh sesama realistis, namun bisa juga akan cocok dengan lingkungan dan jenis pekerjaan yang berisi orang berkepribadian investigatif dan pengatur.

2. Kepribadian Investigatif

Kepribadian berikutnya adalah investigatif. Ciri-ciri kuat dari para investigatif adalah analitikal, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dan independen. Contoh jenis pekerjaan yang cocok dengan para investigatif adalah pengacara, ahli matematika, serta ilmuwan atau profesor. Jika Anda termasuk orang yang berkepribadian investigatif, tentu akan merasa nyaman dengan lingkungan dan jenis pekerjaan yang diisi oleh sesama orang berkepribadian investigatif. Selain itu, Anda bisa cocok dan berbaur di dalam lingkungan dan pekerjaan yang berisi orang-orang berkepribadian realistis dan artistik.

Baca juga: Kepribadian Tipe C (Compliance) Yang Sangat Analitis

3. Kepribadian Sosial

Orang-orang yang berkepribadian sosial biasanya cenderung suka menolong orang dan menyukai kegiatan yang mengharuskannya berinteraksi dengan banyak orang. Orang yang mempunyai tipe sosial punya ciri-ciri pandai bergaul dan berbicara, responsif, bertanggung jawab, berjiwa sosial, dan lebih berorientasi pada perasaan. Pekerjaan yang cocok untuk tipe kepribadian sosial biasanya adalah psikolog, aktivis, public relations, customer service, dokter, apoteker, dan lain-lain.

4. Kepribadian Enterprising

Biasanya tipe orang yang artistik identik dengan kreatifitasnya. Selain kreatif tipe orang berkepribadian artistik biasanya juga pandai dalam memecahkan masalah, tetapi kurang suka dengan banyaknya aturan. Mereka juga senang mengekspresikan diri dan menghindari keadaan yang bersifat interpersonal, keteraturan, atau keadaan yang menuntut keterampilan fisik. Jika Anda memiliki kepribadian enterprising bisa pertimbangkan karir sebagai manager, supervisor, team leader, koordinator, dan lain-lain.

5. Kepribadian Pengatur (Conventional)

Tipe orang berkepribadian conventional biasanya adalah orang yang sangat tertib, taat peraturan, kaku, rapih, efisien, dan penuh dengan perencanaan. Mereka sangat tekun dan juga gigih, pekerjaan yang sesuai untuk tipe kepribadian konvensional adalah akuntan, perencana keuangan, aktuaris, pengolah data statistik, dan lain-lain.

Sekian artikel tentang jenis kepribadian dan pekerjaan yang cocok. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Yuk Kenali Kepribadian Tipe S (Submission)


Editor: Theo Adi -

     

Komentar