Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 6 Tips Menjadi Programmer Handal
Siker.id | 02 Dec 2021 17:00


Bagikan ke
Menjadi seorang programmer mengharuskan Anda harus mampu membaca bahasa pemrograman. (siker)

siker.id - Programmer merupakan profesi pekerjaan yang cukup banyak dicari saat ini. Selain gaji bulanan yang besar, pekerjaan dari seorang programer dapat dikerjakan secara remote atau secara jarak jauh. Jika Anda menjadi seorang remote programmer, tentunya Anda tak perlu repot-repot untuk sering pergi ke kantor. Anda bisa mengerjakan pekerjaan Anda baik di rumah, kafe, atau tempat-tempat lain yang menurut Anda cukup nyaman untuk bekerja. Berikut ini tips yang mau kerja sebagai programmer!

Baca juga: Berikut Pengertian dan Tugas Seorang Digital Marketing

1. Pahami Alasan Utama Anda

Seorang programmer yang baik selalu memiliki alasan yang kuat ketika menjalani pekerjaannya. Nah, Anda juga perlu melakukan hal itu. Anda perlu memahami alasan Anda menjadi seorang programmer. Selain itu, Anda juga harus merancang strategi supaya dapat menjadi seorang programmer yang handal.

2. Tentukan Bidang yang Anda Minati

Seperti disebutkan di atas, dunia pemrograman cukup luas. Itulah kenapa Anda perlu menentukan bidang pemrograman yang Anda kuasai. Baik desktop, website, hingga pengembangan aplikasi mobile. Keadaan ini juga mendorong munculnya berbagai profesi. Sebab, setiap bidang membutuhkan keahlian yang berbeda-beda.

3. Pelajari Algoritma Pemrograman

Hal selanjutnya yang Anda lakukan untuk menjadi seorang programmer yang handal adalah mempelajari algoritma pemrograman. Bagi yang masih asing dengan istilah tersebut, algoritma pemrograman adalah cara penyelasaian masalah pada suatu pemrograman. Jika Anda mempelajari hal ini, Anda dapat mengetahui bagaimana cara menyelesaikan masalah pada suatu pemrograman.

Baca juga: Apa Pengertian dan Tugas Business Development?

4. Latih Logika Informatika

Selain mempelajari algoritma pemrograman, melatih logika informatika juga tak kalah penting. Pasalnya, penting bagi Anda untuk memiliki logika informatika agar program dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Logika informatika juga dapat membantu Anda untuk menyelesaikan suatu masalah dalam pemrograman.

5. Mulai Cari Pengalaman

Cara menjadi programmer yang kedua adalah Anda harus cukup yakin dengan modal dasar yang dimiliki. Saatnya mencari pengalaman dengan melamar kerja di perusahaan atau mengikuti komunitas yang bekerja menjadi programmer. Tujuan cari pengalaman ini adalah untuk melatih dan mengasah kemampuan di bidang pemrograman.

6. Gabung Dengan Komunitas Programmer

Cara menjadi programmer yang selanjutnya adalah Anda bisa join komunitas programmer. Hal ini sangat perlu dan penting banget dilakukan untuk meningkatkan ilmu-ilmu baru dari komunitas ini. Anda juga bisa mendapatkan banyak koneksi ke programmer baru agar bisa lebih mudah untuk mendapatkan informasi terkait proyek maupun lowongan pekerjaan di bidang programming.

Sekian artikel tentang tips menjadi seorang programmer handal. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Tugas dan Fungsi Seorang Programmer?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar