Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
8 Cara Menolak Permintaan Secara Halus
Siker.id | 04 Apr 2023 09:00


Bagikan ke
Ilustrasi Menolak (siker.id/dok. Freepik)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id - Menolak permintaan seseorang secara halus adalah keterampilan yang penting dalam berkomunikasi dan harus dilakukan dengan benar agar tidak menyakit orang tersebut. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu Anda menolak permintaan secara halus:

Baca juga: Efektif Ini dia 10 Cara Manajemen Waktu dalam Bekerja

1. Berikan penjelasan dengan jelas

Sampaikan dengan jelas alasan mengapa Anda tidak dapat memenuhi permintaan tersebut. Berikan alasan yang valid dan jangan ragu untuk mengatakan bahwa Anda tidak memiliki waktu atau sumber daya yang cukup untuk melakukannya.

2. Ucapkan terima kasih

Ucapkan terima kasih atas permintaan tersebut dan hargai kepercayaan yang diberikan kepada Anda. Ingatlah bahwa memberikan ucapan terima kasih dapat membantu menjaga hubungan yang baik antara Anda dan orang yang meminta.

3. Berikan alternatif

Jika memungkinkan, berikan alternatif untuk membantu orang yang meminta. Misalnya, jika Anda tidak dapat membantu dalam suatu proyek, Anda dapat merekomendasikan orang lain yang lebih tepat untuk tugas tersebut.

4. Jadilah jelas

Menjadi jelas dalam menolak permintaan seseorang adalah hal yang harus dilakukan agar tidak terjadi kesalahpahaman. Jangan memberikan harapan palsu atau mengatakan "mungkin nanti". Hal ini hanya akan menunda masalah dan membuat orang tersebut kembali meminta.

Baca juga: 5 Etika Resign yang Wajib di Ketahui Karyawan

5. Gunakan bahasa yang sopan

Gunakan bahasa yang sopan dan jangan membuat orang tersebut merasa disalahkan. Hindari kata-kata yang menyalahkan atau meremehkan permintaan tersebut.

6. Pilih tempat yang tepat

Pilih tempat yang tepat untuk menolak permintaan tersebut. Jangan menolak permintaan secara terbuka atau di depan orang banyak. Jika memungkinkan, bicaralah secara pribadi atau melalui telepon.

7. Berikan waktu

Jika memungkinkan, berikan waktu bagi Anda untuk mempertimbangkan permintaan tersebut. Jangan terburu-buru dalam memberikan jawaban dan pastikan Anda memberikan jawaban yang tepat.

8. Bersikap positif

Bersikap positif dalam menolak permintaan tersebut. Berikan semangat positif dan dukungan untuk membantu orang tersebut mencari solusi lain.

Ingatlah bahwa menolak permintaan secara halus bukanlah tentang menolak orang tersebut, tetapi tentang menolak permintaan tersebut. Jangan ragu untuk mengatakan "tidak" jika memang Anda tidak dapat memenuhi permintaan tersebut. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Tips Mendapatkan Tidur yang Berkualitas


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian