Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Daftar Pekerjaan Yang Tidak Melihat Pendidikan
Siker.id | 01 Dec 2021 21:15


Bagikan ke
Ada jenis pekerjaan yang ternyata tidak melihat latar belakang pendidikan, dan hanya mementingkan skil dan pengalaman. (siker)

siker.id - Tahukah Anda jika ada beberapa jenis pekerjaan yang tidak memandang jurusan? Artinya, pekerjaan tersebut terbuka untuk lulusan dari semua jurusan, lho! Buat Anda yang baru lulus atau fresh graduate pastinya pernah merasa kesulitan saat mencari pekerjaan. Apalagi saat ini persaingan kerja sangatlah ketat. Tidak perlu khawatir, karena kini sudah ada banyak pekerjaan yang tidak memandang jurusan, jadi akan meningkatkan kemungkinanmu untuk mendapatkan pekerjaan. Berikut ini beberapa pekerjaan yang tidak melihat latar belakang pendidikan!

Baca juga: Lamaran Pekerjaan Ditolak? Ini Solusinya

1. Operator Call Center

Untuk menjadi seorang operator call center, prioritas utama adalah mereka yang bisa fasih berbicara sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Profesi ini tidak menuntut lulusan dari jurusan tertentu. Asalkan Anda bisa lancar berbicara dan jelas kata per kata, Anda pasti bisa melamar untuk pekerjaan yang satu ini. Selain itu, karena operator call center ini biasanya bekerja dengan sistem shifting, mereka akan mencari muda- mudi yang nggak keberatan dengan jam kerja shifting ini.

2. Customer Service

Untuk menjadi customer service perusahaan besar, syarat yang diminta biasanya adalah lulusan D3 atau S1 tanpa melihat apa jurusannya. Pekerjaan Customer Service menuntut pegawainya untuk dapat berkomunikasi dan melayani pelanggan dengan baik. Kelancaran dalam berbicara dengan orang lain dan memberkan pelayanan prima adalah salah satu faktor penting dalam pekerjaan ini.

3. Pegawai Bank

Untuk menjadi seorang Banker yang kental hubungannya dengan uang, tidak harus lulus dari jurusan Ekonomi, Bisnis atau Akuntansi. Hampir semua lulusan semua jurusan bisa menjadi pegawai bank seperti teller dan masih banyak lainnya. Biasanya, saat sebuah bank menjadi pekerja untuk posisi teller, yang mereka minta hanya syarat seperti usia maksimal, memiliki tinggi dan berat yang proporsional serta punya skill komunikasi yang baik dan berstatus single.

4. Sales Produk

Menjadi sales tidak mengharuskan dari lulusan pemasaran atau marketing terlebih dahulu. Jika ingin jadi salesman atau salesgirl, pedoman Anda adalah kalimat ini; segala sesuatu itu mungkin. Kalau Anda merasa sangat jago meyakinkan orang lain dan membuat mereka setuju dengan pendapatmu, jadilah sales. Tidak perlu takut gak cocok sama jurusan kuliah, jika bakatmu di sana, rejeki akan mengalir deras.

Baca juga: Stop ! Begini Bahaya Menunda Pekerjaan

5. Reporter

Banyak orang masih menganggap bahwa pekerjaan seperti reporter hanya diperuntukkan bagi lulusan jurnalistik atau ilmu komunikasi saja. Padahal, pekerjaan yang satu ini adalah termasuk pekerjaan yang tidak memandang jurusan. Jika Anda memang tertarik dengan profesi sebagai reporter baik media cetak, online, atau televisi, sebaiknya cobalah kembangkan beberapa skill yang dibutuhkan. Misalnya untuk menjadi reporter tulis, maka Anda harus mampu menulis dengan baik dan benar. Selain itu, beberapa skill penting lainnya yang harus tetap dimiliki oleh seorang reporter adalah kemampuan berpikir kritis, kreatif, responsif, dan mampu bekerja di bawah deadline.

6. Advertising

Industri advertising atau periklanan tentunya selalu membutuhkan karyawan yang kreatif dan mampu bekerja dengan deadline yang super ketat. Meski begitu, bekerja di advertising sangat penuh tantangan, lho. Itulah mengapa sampai saat ini advertising masih menjadi idola bagi banyak orang. Menariknya, untuk bisa berkarier di industri ini kamu tidak perlu khawatir dengan latar belakang pendidikan. Jadi, jika Anda merasa tertarik dengan industri periklanan dan mampu membuat campaign yang menarik untuk meningkatkan brand awareness, maka bisa segera mencoba untuk bergabung.

7. Sosial Media Admin

Kalau Anda sudah terbiasa membuat status media sosialmu banyak likes-nya, membuat posting-mu banyak share-nya ataupun dikomentari dengan baik oleh orang-orang yang menjadi temanmu, maka Anda tepat untuk pekerjaan ini. Pekerjaan ini tidak membutuhkan skill dari jurusan tertentu, yang terpenting adalah Anda sangat bisa "sosial" di media sosial.

Sekian artikel tentang pekerjaan yang tidak memandang Pendidikan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Melakukan Analisa Pekerjaan yang Tepat?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar