Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tips Menjadi Freelance Translator
Siker.id | 30 Mar 2023 13:42


Bagikan ke
ilustrasi translator (siker / doc.freepik)

siker.idPekerjaan freelance adalah pekerjaan yang bebas dikerjakan dimanapun dan kapanpun yang tentunya menghasilkan cuan.

Nah menjadi translator atau penerjemah adalah salah satu pekerjaan freelance yang banyak dibutuhkan dalam berbagai bidang pekerjaan terutama dalam pekerjaan yang berkaitan dengan pekerjaan multinasional.

Penerjemah Bahasa adalah salah satu profesi ahli bahasa yang bertugas menerjemahkan atau mengubah tulisan dari satu bahasa ke bahasa lain.

Baca juga: Berikut Tips Menjadi Seorang Penerjemah Handal

Untuk menjadi freelance translator, berikut beberapa tips yang dapat kalian lakukan

1. Menguasai Bahasa Inggris

Kamu tidak akan dapat menjadi translator apabila tidak menguasai bahasa inggris. Tidak hanya bahasa inggris, kamu juga dapat menguasai bahasa asing lain juga untuk menjadi translator bahasa tersebut. Tata bahasa yang baik juga perlu diperhatikan dalam mempelajari bahasa asing agar dapat mengolah kata yang sesuai dan enak untuk dibaca.

2. Memiliki Kemampuan Menulis yang baik

Selain menguasai bahasa asing, translator juga harus memiliki kemampuan yang baik, salah satu cara mudah untuk mengembangkan kemampuan menulis adalah dengan perbanyak membaca. Membaca tidak hanya dapat menambah kosakata atau vocabulary, namun kaian juga akan mendapatkan inspirasi baru yang memudahkan kalian untuk menulis.

3. Mempelajari budaya

Seorang translator diharapkan mempelajari budaya secara mendalam agar dapat memahami makna dari teks yang kamu terjemahkan. Hal tersebut dikarenakan translator harus memperhatikan konteks naskah yang ia tulis dan terjemahkan serta menyesuaikan dengan busaya yang ada agar naskah yang kamu terjemahkan dapat dipahami oleh orang lain.

4. Banyak Berlatih

Semakin banyak kamu berlatih menerjemahkan, maka akan semakin baik pula hasil terjemahanmu. Menjadi  translator merupakan hal yang tidak mudah dan membutuhkan proses Panjang, ketekunan dan pengalaman.

Baca juga: Apa Definisi dan Tugas Seorang Penerjemah?

Jenis Pekerjaan Freelance dalam bidang Translator

  • Tour Guide

Menjadi tour guide menjadi salah satu pilihan pekerjaan freelance dalam bidang translator. Tour guide harus memiliki kemampuan bahasa yang baik dan pengetahuan mengenai objek wisata yang baik pula.

Baca juga: Mengenal Profesi Tour Guide (Pemandu Wisata)

  • Translator Buku Fiksi

Translator buku fiksi biasanya memiliki tugas untuk menerjemahkan buku baik novel maupun komik.

  • Translator Naskah Film/Drama dan Series

Translator biasanya dibutuhkan untuk naskah dialog pada film yang akan ditayangkan dengan bahasa yang berbeda

  • Translator Bahasa untuk Konferensi

Translator bahasa untuk konferensi biasanya dibutuhkan saat adanya pertemuan kenegaraan atau konferensi internasional.


Reporter: Lifiani
Editor: -

     

Komentar
Pencarian