Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Teller Bank; Definisi dan Tugas
Siker.id | 29 Mar 2023 15:38


Bagikan ke
ilustrasi teller bank (siker / doc.freepik)

Siker.id - Setiap kita melakukan transaksi setor tunai di Bank kita akan menemui pegawai-pegawai yang memberikan bantuan dengan sikap yang ramah berada di balik meja Front Office. Pegawai tersebut ialah Teller Bank. Walau  perkembangan jaman telah memberi kemudahan dengan adanya Mobile Banking, namun keberadaan daripada Teller Bank tetap mejadi kebutuhan yang penting untuk memberikan pelayanan secara konvensional kepada nasabah bank.

Baca juga: Minat Jadi Seorang Teller? Pahami 5 Tugas Pentingnya Ini!

DEFINISI TELLER BANK

Teller Bank merupakan seorang pegawai bank yang bertugas untuk memberikan pelayanan terhadap nasabah berkait dengan keperluan perbankan. Keperluan tersebut antara lain proses penyimpanan uang/menabung , transfer uang, pencairan cek, pembayaran listrik, pendidikan dan lain sebagainya.

Istilah lain bagi seorang teller ialah frontliner, hal ini dikarenakan seorang Teller berada di garda terdepan dalam memberikan pelayanan / service kepada nasabah. Oleh sebab itu , dapat dikatakan pula representasi dari sebuah bank bergantung pada seorang Teller dalam menunjukkan sikap kecekatan, keramahan dan pelayanannya kepada nasabah. Apabila pelayanan seorang teller buruk, maka citra dari bank tersebut juga akan terdampak buruk.

Baca juga: 4 Skill Wajib Seorang Teller Bank 

TUGAS TELLER BANK

  1. Memberikan bantuan kepada nasabah yang akan melakukan penarikan uang
  2. Membantu nasabah yang akan melakukan pencairan cek
  3. Memberikan bantuan kepada nasabah untuk menabung dengan uang tunai ke rekening nasabah
  4. Memberikan bantuan kepada nasabah untuk melakukan transaksi antar bank / transfer
  5. Memberikan bantuan kepada nasabah untuk melakukan pembayaran ; uang pendidikan, tagihan  listrik, pdam, pajak dan lain sebagainya
  6. Melakukan pemeriksaan terhadap uang yang di setorakan oleh nasabah. Pemeriksaan tersebut dapat meliputi keaslian uang dan jumlah uang yang di setorkan.
  7. Melakukan pemeriksaan ketika ada data yang tidak seimbang antara penerimaan dengan data dalam rekening nasabah

KUALIFIKASI WAJIB SEORANG TELLER BANK

Pekerjaan seorang teller bank tidak dapat dianggap sederhana dan mudah, oleh sebab itu seorang teller bank harus menguasai berbagai kemampuan guna menunjang kinerjanya. Berikut kualifikasi wajib yang harus di miliki seorang teller bank :

  1. Kemampuan Komunikasi

Kemampuan komunikasi seorang teller sangat menentukan terhadap tingkat kepuasan nasabah. Jika seorang teller terampil menyampaikan informasi dan komunikasi kepada nasabah, maka akan membuat nasabah nyaman dan terkesan atas pelayanan bank tersebut. Seorang teller juga harus mampu memahami cara berkomunikasi dengan meyesuaikan karakter masing-masing nasabah.

  1. Kemampuan Matematika

Seorang teller dalam pekerjaannya akan berhubungan dengan angka, baik itu menghitung uang maupun menyesuaikan penerimaan dan data dalam rekening nasabah, juga membuat laporan bulanan hingga akhir tahun. Kemampuan matematika menjadi wajib bagi seorang teller, karena apabila di temui selisih atau kekeliruan perhitungan yang dilakukan oleh Teller akan berakibat pada kerugian untuk bank dan secara otomatis kewajiban penggantian kerugian akan dibebankan pada seorang teller.

  1. Kemampuan Mengoperasikan Komputer

Tuntutan era digital mewajibkan seorang Teller untuk dapat mengoperasikan computer. Hal ini dikarenakan hampir seluruh jenis transaksi perbankan dilakukan secara online. Selain itu, dalam sebuah perbankan tentu terdapat fitur-fitur khusus yang mana mengharuskan teller untuk cepat dan cermat dalam beradaptasi untuk melakukan input pelaporan dan proses transaksi tanpa mengalami kekeliruan.

  1. Kemampuan Manajemen Krisis

Seorang Teller yang bekerja di garda terdepan harus senantiasa siap menghadapi berbagai permasalahan tak terduga. Seperti contoh ketika menghadapi nasabah yang merasa keberatan untuk mengantri atau menghadapi nasabah yang tidak memiliki pengetahuan masalah perbankan. Skill manajemen krisis yang dimiliki oleh Teller sangat menentukan bagaimana transaksi di hari tersebut dapat berjalan dengan lancar walau terdapat berbagai kendala di luar dugaan.  

Baca juga: 5 Syarat Wajib Bekerja di Bank

Demikian informasi yang telah kami rangkum, Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kamu.

 


Reporter: Lifiani
Editor: -

     

Komentar
Pencarian