Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Freshgraduate Starter Kit
Siker.id | 27 Mar 2023 09:00


Bagikan ke
ilustrasi fresh

siker.id - Mencari kerja merupakan hal yang tidak mudah, terutama bagi seorang freshgraduate. Tentunya akan menjadi keadaan yang tidak enak, apalagi jika ada pertanyaan 'lanjut dimana?' 'kok udah jadi sarjana masih nganggur aja?' 'sarjana kok pengangguran di rumah terus' dan banyak pertanyaan-pertanyaan atau sindiran-sindiran dari orang-orang disekeliling kita seperti tetangga, saudara atau bahkan orang tua kita sendiri.

Buat kalian para freshgraduate ada baiknya kalian menutup telinga kalian dari perkataan orang-orang yang tidak baik untuk menjaga mental kalian tetap baik dan tentunya fokus untuk mencari peluang-peluang kerja yang ada.

Nah,sebagai seroang freshgraduate ada beberapa hal yang perlu kalian siapkan. Berikut kami rangkumkan hal-hal apa saja yang perlu kalian persiapkan

1. Mental

Setelah kalian wisuda tentunya banyak orang-orang yang kepo mengenai kelanjutan gelar yang telah kalian dapatkan. Tak jarang juga banyak yang meremehkan. jadi kalian harus kuat ya buat ngadepin perkataan-perkataan yang cuma buat kalian down

Baca juga: Mengatasi Insecure Saat Baru Masuk Kerja

2. Dokumen lamaran kerja

Sebelum kalian melamar pekerjaan di perusahaan yang kalian impikan, kalian harus mempersiapkan dokumen-dokumen lamaran. Biasanya dokumen lamaran berisikan beberapa dokumen yaitu

- Curriculum Vitae (CV)

Untuk membuat CV kalian perlu menuliskan informasi yang lengkap. Biasanya CV berisikan mengenai deskripsi diri, informasi kontak, pengalaman (magang/proyek), pendidikan, dan skill. Selain itu buat CV dengan menggunakan tata bahasa yang benar, font yang jelas, dan hindari kesalahan penulisan. Jangan sekali-kali berbohong, karena jika ketahuan tentu kalian otomatis akan ditolak bahkan nama kalian masuk kedalam daftar blacklist perusahaan, selain itu juga akan merusak nama baik kalian, dan lebih parahnya lagi beresiko tindakan hukum.

Baca juga: Membedah Isi CV ATS, Fresh Graduate Wajib Tahu! 

- Cover letter

Dalam cover letter, kalian perlu menyebutkan tujuan/nama perusahaan atau  bahkan rekruter secara spresifik, jangan lupa berikan salam pembuka. Dalam cover letter juga sampaikan dengan jelas posisi yang kamu lamar. Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami dan jangan mengulang isi CV. Kamu bisa menuliskan alasan kamu tertarik melamar pekerjaan tersebut, eangkuman pengalaman/prestasi yang dimiliki dan poin-point penting yang menunjukan kamu merupakan kandidat yang pantas diterima perusahaan tersebut.

- Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi merupakan salah satu dokumen yang umum diminta perusahaan sebagai validasi pengalaman, kualitas, serta karaktermu. Biasanya surat rekomendasi diberikan oleh Dosen, Supervisor, atau petinggi organisasi.

- Portofolio

Portofolio berisikan mengenai hasil kerja kalian selama melaksanakan magan atau menyelesaikan proyek saat kuliah. Jika kalian mengirimkan portofolio dan membuktikan hasil kerja kalian, entunya kesempatan untuk dipanggil interview akan lebih tinggi.

Baca juga: 3 Cara Membuat Portofolio Profesional yang Baik

3. Doa dan Restu Orang Tua

Sebagai seorang anak tentunya kita membutuhkan doa dan restu orang tua supaya hal-hal yang kita lalui dapat berjalan dengan lancar dan diri kita akan lebih tenang ketika sudah mendapatkan restu dari orang tua. Jadi, sebelum mendaftar kerja mintalah doa dan restu dari orang tua kalian.

Demikian informasi yang telah kami rangkum. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian.


Editor: Lifiani -

     

Komentar