Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Apa Itu UX dan UI Designer?
Siker.id | 21 Mar 2023 11:44


Bagikan ke
Ilustrasi UI UX design ( Siker / dok. Freepik )

siker.id Era digitalisasi memberikan dampak yang luar biasa bagi perkembangan kehidupan manusia khususnya dalam hal memilih pekerjaan.

Generasi muda sekarang lebih menyukai pekerjaan yang sesuai dengan passion mereka, salah satunya adalah designer grafis. Dalam kesempatan ini kita akan membahas secara singkat tentang salah satu pekerjaan yang sedang digemari generasi sekarang yaitu UX dan UI designer.

Baca juga: 4 Software Editing Gambar untuk Keperluan Kerja

Apa sih UX dan UI designer itu?

UX designer adalah seorang yang mendesain pengalaman pengguna dari sebuah aplikasi, yang berarti seorang tersebut memiliki tugas untuk memastikan suatu aplikasi berjalan dengan logika yang jelas sesuai dengan kebutuhan pengguna.

UX designer memiliki peran dalam proses interaksi dengan pengguna dan mencari tahu tanggapan mereka mengenai pengalaman menggunakan aplikasi tersebut.

Pengalaman pengguna ini dapat dilihat dari mudah atau tidaknya pengguna dalam mengakses suatu aplikasi.

UI designer merupakan seorang yang memastikan bahwa tampilan antar muka dari sebuah aplikasi apakah sudah sesuai dengan tujuan proyek pengembangan aplikasi tersebut.

Secara singkat UI designer akan mendesain tampilan atar muka serta pengalaman pengguna suatu aplikasi.

Siapakah yang bisa menjadi seorang UX dan UI designer?

Siapapun bisa menjadi UX dan UI designer asalkan memiliki minat dan bakat dalam hal desain grafis.

Kamu bisa mempelajarinya secara otodidak melalui berbagai platform digital yang tersedia secara gratis, atau dengan mengikuti pelatihan dan bootcamp yang sesuai.

Baca juga: Kenali 3 Skill Wajib Seorang UI Designer Ini!

Bagaimana dengan skill yang harus dimiliki UX dan UI designer?

Selain kemampuan dalam bidang desain grafis, UX dan UI designer harus memiliki kemampuan dalam mengembangkan kreatifitasnya untuk membuat suatu tampilan yang menarik bagi pengguna.

Selain itu designer UX dan UI juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar memudahkan dalam hal riset mengenai kebutuhan pengguna, menyampaikan informasi kepada tim, serta mempresentasikan solusi terhadap klien. Manajemen waktu juga harus dimiliki untuk memastikan bahwa pekerjaan yang kamu buat tidak melebihi deadline yang telah ditentukan.

Setelah melihat artikel ini apakah kamu tertarik menjadi UX dan UI designer?

Baca juga: 5 Skill Wajib Seorang Desainer UX!

 

 

 


Editor: Kevin Arjenza Ariyanto -

     

Komentar