Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Digital Marketing: Pengertian dan Jenis
Siker.id | 21 Mar 2023 10:32


Bagikan ke
ilustrasi digital marketing (siker / doc.freepik)

siker.id - Pada era modern ini banyak kegiatan dan aktivitas yang dilakukan secara daring yang tentunya membuat perubahan signifikan terhadapp cara komunikasi dan pemasaran suatu produk. Saat ini, pemasaran produk mulai bergerak ke arah digital marketing. Nah, apa sih yang dimaksud digital marketing?

Digital Marketing dalam Bahasa Indonesia memiliki pengertian pemasaran digital. Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran atau promosi suatu merek atau brand produk dan/atau jasa yang dilakuka melalui media digital dab internet. Tujuan dari pemasaran tersebut adalah untuk menjangkau pelanggan secara luas dengan cara yang efisien, cepat dan relevan.

Baca juga: Mengenal Pekerjaan Digital Marketing Specialist

Berikut beberapa kelebihan dari pemasaran digital jika dibandingkan dengan pemasaran konvensional

  1. Penyebaran yang cepat

Penggunaan strategi pemasaran dengan media digital dapat dilakukan dengan sangat cepat

  1. Kemudahan evaluasi

Hasil dari kegiatan pada media digital dapat langsung diketahui. Selain itu juga penggunaan media digital memudahkan pengusaha untuk melihat berapa banyak orang yang telah melihat produk, berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan, dan sebagainya. Dengan demikian pengusaha dapat melakukan evaluasi pengiklanan setelah mengetahui informasi tersebut

  1. Jangkauan lebih luas

Penggunaan media digital memungknkan jangkauan geografis yang luas. Pengusaha dapat menyebarkan branda atau produk ke seluruh dunia dengan mudah menggunakan internet

  1. Murah dan efektif

Jika dibandingkan dengan pemasaran tradisional, pemasaran digital marketing jauh lebih murah dan efektif.

  1. Membangun nama Produk atau Brand

Penggunaan digital marketing membantu pengusaha dalam membangun nama brand dengan baik

Baca juga: Begini 4 Manfaat Menggunakan Digital Marketing!

Berikut beberapa jenis digital marketing

  1. Website

Website memiliki peran penting dalam memperlihatkan profesionalisme sebuah perusahaan. Website akan membantu konsumen untuk mengetahui sebuah bisnis. Penggunaan website akan menghemat dan memudahkan promosi.

  1. Search Engine Marketing (SEM)

Strategi digital marketing SEM ini melibatkan penggunaan mesin pencari seperti Google, Bing, Facebook, Yahoo. SEM dibagi menjadi dua yaitu SEO dan PPC.

a. Search Engine Optimization (SEO)

SEO dilakukan dengan mengoptimasi konten digital marketing perusahaan agar muncul di halaman pertama Google tanpa perlu membayar penyedia iklan.

b. Pay-per-Click (PPC)

PPC dilakukan dengan membayar sejumlah biaya kepada pneyedia iklan agar materi digital marketing selalu berada dideretan atas saat calon konsumen mencari keyword tertentu. Biasanya hasil yang muncul dari PPC memiliki label ‘Ad’ atau ‘iklan’

  1. Social Media Marketing

Social Media Marketing merupakan strategi pemasaran melalui media social. Pemasaran melalui media social ini dapat dilakukan dengan mengoptimasi konten maupun dengan menitip iklan di jaringan social. Biasanya promosi melalui media social dilakukan  melalui TikTok, Facebook, Twitter, atau YouTube

  1. Email Marketing

Email marketing merupakan strategi digital marketing yang dilakukan dengan mengirimkan email kepada konsumen (subscriber). Email marketing harus dibuat semenarik mungkin agar konsumen mau membaca dan membuka promosi melalui email tersebut.

  1. Video Marketing

Melalui video marketing ini, pengusaha dapat menjelaskan bisnis dari perusahaan, menjelaskan produk, cara menggunakan, serta menampilkan testimonial pelanggan

  1. Influencer Marketing

Bekerja sama dengan influencer untuk memasarkan produk bisnis.

Baca juga: 4 Kesalahan Penggunaan Digital Marketing!

Bagaimana Memulai Digital Marketing?

Setelah mengetahui tentang digital marketing, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Pemasaran menggunakan media digital, dapat dimulai dengan mempersiapakan beberapa hal berikut:

  1. Siapkan hal-hal yang akan digunakan untuk melakukan digital marketing seperti website, akun media social, identitas brand dan produk, review atau feedback dari pelanggan.
  2. Siapkan konten yang menarik perhatian dan mudah dibagikan. Konten tersebut dapat berupa foto, video, tulisan atau yang lainnya. Tentukan juga tujuan pemasaran dan target pasar agar konten yang dibuat sesuai.
  3. Unggah dan evaluasi setiap unggahan, tentukan mana yang dapat memberikan feedback dan fokuslah dalam beberapa asset yang memberikan feedback yang baik bagi bisnis
  4. Masuk dan bergabung dengan forum marketpcae public

Demikian informasi mengenai digital marketing yang kami rangkum, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu.

 

 

 


Editor: Lifiani -

     

Komentar