Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Kuasai Teknik Ini Sebelum Menekuni Stand Up Comedy
Siker.id | 20 Mar 2023 14:46


Bagikan ke
Ilustrasi stand up comedy (siker / dok. freepik)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id Saat ini stand up comedy menjadi salah satu hiburan komedi yang sedang hype bagi anak muda Indonesia, berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa mencoba peruntungannya untuk berkarir dalam bidang ini.

Stand up comedy adalah lawakan atau komedi tunggal yang dilakukan oleh seorang "komika" atau sebutan untuk pelaku stand up comedy untuk membawakan lawakannya diatas panggung dengan cara bermonolog mengenai suatu topik.

Stand up comedy sendiri digemari banyak orang karena memiliki hal yang menarik dimana tidak semua pekerjaan bisa melakukannya yaitu dalam hal kebebasan berpendapat.

Baca juga: Ingin Menjadi Pelawak? Pelajari 4 Tips Ini!

Melalui stand up comedy kamu bisa mengemukakan berbagai macam pendapat yang kamu miliki yang nantinya disajikan dengan cara yang lucu dan menyenangkan.

Untuk itu tidak jarang para komika menggunakan berbagai macam teknik stand up comedy ini untuk memperindah materi performnya seperti berikut:

1. One Liner

One liner adalah teknik stand up yang hanya menggunakan 1 hingga 3 kalimat yang kemudian diakhiri dengan punchline untuk mengakhirinya.

2. Act Out 

Teknik ini bisa kalian gunakan khususnya buat kamu yang memiliki rasa percaya diri yang besar, kamu bisa menggunakan berbagai macam gesture atau gerakan yang lucu untuk menjadi punchline dalam materi stand up kamu.

3. Impersonate

Pasti ada dari kalian yang memiliki bakat untuk menirukan cara berbicara, mimik muka, maupun gesture dari orang lain. Kamu sangat cocok menggunakan teknik ini apalagi jika ditambah menggunakan properti dan kostum yang sesuai dengan orang yang kamu tirukan.

Baca juga: Ingin Jadi Selebgram? Kuasai 4 Skill Ini Dulu!

4. Rule Of Three

Teknik ini merupakan permainan kata dengan menggunakan 2 kalimat awal sebagai set up dan kalimat ketiga sebagai punchlinenya.

5. Call Back

Call back adalah teknik dimana kamu melakukan recall terhadap punchline yang pernah kamu pakai pada bit sebelumnya yang disertai dengan transisi yang halus agar pendengar dapat paham mengenai apa yang sedang kamu bahas.

6. Roasting

Roasting mengacu pada teknik mengolok-olok sesuatu baik terhadap benda, orang, maupun hal-hal lain. Teknik ini berisikan fakta-fakta yang belum diketahui kemudian disajikan dengan penyampaian yang seperti mengejek, akan tetapi tetap pada tujuannya yaitu sebagai hiburan. 

Bagaimana, mudah kan teknik-tekniknya? Kamu dapat mempelajarinya dengan mengamati materi dari komika-komika profesional yang ada di beragam platform digital. Selain itu kamu juga bisa bergabung dengan komunitas stand up yang ada di kota kamu, dengan begitu kamu akan mendapatkan beragam referensi untuk menulis materi stand up kamu sendiri.

Baca juga: Begini 3 Modal Dasar Seorang Aktor!


Editor: Kevin Arjenza Ariyanto -

     

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian