Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tips Bisa Dapat Kerja Meskipun Nggak Sesuai Jurusan Kuliah
Siker.id | 03 Mar 2023 14:30


Bagikan ke
Ilustrasi Lamar Kerja (siker.id/dok. Canva)

siker.id - Pada era yang semakin berkembang ini, kita harus selalu adaptif dan siapapun memiliki kesempatan untuk jadi apapun termasuk bekerja yang tidak sesuai dengan jurusan kuliah. Akan banyak tantangan, kesulitan dan persaingan jika kamu ingin mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusanm. Namun, jangan berkecil hati karena kesempatan akan selalu ada. Agar lebih siap menghadapi persaingan, lakukan beberapa tips dibawah ini agar kamu bisa diterima kerja meskipun tidak sesuai jurusan kuliah:

Baca juga: Tips Cepat Dapat Kerja Untuk Fresh Graduate

1. Mengikuti Webinar atau Pelatihan

Saat ini sudah banyak tersebar di sosial media info webinar atau pelatihan yang bisa diikuti secara gratis ataupun berbayar. Kamu bisa mengikuti webinar atau pelatihan yang sejalan dengan bidang profesi yang ingin kamu lamar. Dengan begitu, kamu tetap akan bisa bersaing dengan yang sudah punya kemampuan basic dari kuliah.

2. Mencoba Magang atau Freelance

Untuk bisa meyakinkan HR kamu kandidat yang potensial, kamu bisa mencoba magang atau freelance sesuai bidang karir yang ingin kamu lamar. Dengan begitu kamu bisa mengetahui gambaran pekerjaanmu, menambah jam terbang dan menambah poin di CV-mu.

3. Membuat Portofolio

Jika kamu sudah mencoba magang atau freelance, kumpulkan karya-karya atau tugas magang yang kamu kerjakan untuk disatukan ke dalam bentuk portofolio. Berikan deskripsi singkat apa peran atau pencapaian yang kamu dapat pada setiap karya/tugas.

Baca juga: Kerja di Perusahaan Kecil? Jangan Gengsi! Ini Manfaatnya

4. Meyakinkan Saat Interview

Karena kamu merupakan kandidat yang melamar pekerjaan tidak sesuai dengan bidang kuliah, kamu harus berusaha lebih untuk meyakinkan interviewer dengan menjual pengetahuan, pengalaman atau kemampuan dengan jawaban yang meyakinkan.

5. Meniru Kebiasaan

Agar bisa berhasil di bidang tersebut, kamu bisa meniru orang-orang yang bekerja dibidang tersebut. Kamu bisa meniru hal positifnya saja seperti kebiasaannya, cara berpikirnya atau karakternya.

Mengejar karir dibidang yang berbeda dengan jurusan kuliah saat ini sudah menjadi hal yang biasa. Namun tetap persaingannya akan berat dengan orang-orang yang punya modal latar belakang Pendidikan. Oleh karena itu, kamu harus pintar mengatur strategi. Terus belajar dan mengembangkan diri dan buktikan kalau kamu juga mampu. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Perpanjang Periode Magang


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar