Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Punya Mentor Dalam Berkarir? Emang Penting?
Siker.id | 02 Mar 2023 14:30


Bagikan ke
Ilustrasi Mentor (siker.id/dok. Canva)

siker.id - Berada dalam lingkup dunia kerja menuntut kita untuk bisa beradaptasi dengan pasang - surutnya. Terkadang, untuk bisa menghadapinya kita membutuhkan seseorang yang bisa memberikan dorongan, masukan atau pencerahan agar bisa bertahan. Nah, orang tersebut disebut sebagai mentor. Mentor bisa berasal dari siapa saja, bisa dari atasan, dosen, kating atau bahkan teman. Namun, seorang mentor harus yang berpengalaman di bidangnya. Kemampuan yang dimiliki mentor juga harus sama dengan profesi dan value yang kamu miliki. Seorang mentor harus mudah dihubungi dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Dan yang paling penting, seorang mentor harus bersedia meluangkan waktu dan energinya untuk memontori kamu.

Baca juga: Kerja di Perusahaan Kecil? Jangan Gengsi! Ini Manfaatnya

Memiliki mentor memang bukan hal yang dimiliki oleh banyak orang, karena tidak semua orang bersedia memberikan energi dan waktunya untuk mengajari orang lain. Kamu harus berusaha lebih keras jika memiliki seorang mentor karena banyak manfaat yang bisa dipetik seperti:

1. Pengembangan skill

Dengan memiliki mentor kamu akan bisa berkonsultasi terkait skill baik secara pengetahuan atau teknisnya. Mentor juga dapat memberikan feedback dan masukan terhadap apa yang sudah baik atau yang perlu ditingkatkan bahkan juga memberikan tips-tips agar kamu semakin menguasai skill tertentu.

2. Mencapai tujuan karir

Melalui pengalamannya, mentor bisa membantumu membuat tujuan karir yang efektif dan bisa digapai. Selain itu, mereka juga bisa melihat sejauh mana kamu sudah mencapai tujuan tersebut.

Baca juga: Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Perpanjang Periode Magang

3. Sebagai motivasi

Saat merasa down atau tidak memiliki motivasi dalam bekerja, kamu bisa menghampiri mentormu untuk mendapatkan sebuah dorongan dan saran agar bisa semangat lagi.

4. Peluang networking dan terlibat project

Dalam dunia kerja, mentor bukan hanya memberikan ilmu, namun juga membantu menghubungkanmu dengan orang-orang yang bisa bikin kamu semakin berkembang. Kamu juga jadi punya peluang untuk terlibat dalam sebuah project karena mentor sudah mengetahui kemampuan dan potensimu.

Sebagai mentee, atau seseorang yang dimentori, kamu harus selalu bersikap baik, bekerja keras dan berpegang teguh dengan komitmen sehingga jangan sampai mengecewakan mentor yang sudah membimbingmu. Sekian artikel mengenai benefit memiliki mentor. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Lakukan Hal Ini Agar Tidak Menunda Pekerjaan


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar