Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
8 Kesalahan Yang Wajib Dihindari Karyawan Baru
Siker.id | 30 Nov 2021 12:45


Bagikan ke
Sebagai seorang karyawan baru sebaiknya hindari beberapa kesalahan kecil yang bisa berakibat fatal ini. (siker)

siker.id - Hari-hari awal kerja menjadi karyawan baru mungkin memang cukup menegangkan sehingga kadang kesalahan bisa terjadi. Akan tetapi, ada pula karyawan yang tidak gugup tapi tetap melakukan kesalahan. Kadang beberapa orang melakukannya tanpa sadar. Padahal, kesalahan-kesalahan ini bisa fatal meskipun tidak selalu mencerminkan kemampuanmu sebagai karyawan. Berikut ini hal-hal yang perlu dihindari saat bekerja di kantor baru!

Baca juga: Berikut Proses Recruitment Karyawan Baru, Selengkapnya

1. Baru Beberapa Hari Kerja Sudah Sering Terlambat

Terlambat jadi kesalahan pertama yang harus dihindari semua karyawan, baik yang baru maupun lama. Tapi biasanya karyawan baru yang belum terbiasa dengan jadwal kerja lebih sering melakukannya. Jadi, lebih baik bangun lebih awal dan berangkat lebih cepat untuk menghindari terlambat.

2. Tidak Jujur Pada Pekerjaan/Peraturan yang Sebenarnya Belum Dipahami

Wajar memang dengan semangat yang tinggi di kantor baru Anda ingin menunjukkan kalau berkompeten. Tapi, kalau nggak jujur dengan kemampuan yang Anda punya, malah akan berisiko untuk perjalanan karir kedepannya. Nggak usah malu bertanya dan meminta saran dari rekan kerja lain yang sudah lebih senior.

3. Terlalu Sering Bertanya

Emang sih kita harus berani bertanya kalau kita nggak tau supaya benar-benar ngerti. Tapi ada baiknya Anda mencoba mencari tau dulu sendiri. Atasan dan tim juga punya tugas yang harus diselesaikan. Kalau waktu mereka hanya digunakan untuk menjawab semua pertanyaan yang Anda ajukan tentu akan menghambat pekerjaan.

4. Meminta Bantuan Setiap Ada Kesulitan

Hal fatal lainnya yang harus dihindari adalah sedikit-dikit minta bantuan kalau ada kesulitan. Coba dulu kerjakan tugas dan pecahkan sendiri masalah yang Anda hadapi, jika benar-benar buntu dan stuck baru meminta sedikit bantuan dan arahan. Jangan meminta atasan dan tim Anda mengerjakan semuanya, mintalah masukan untuk mencari jalan keluar dari masalah Anda.

Baca juga: Berikut Ini Metode Pengembangan Karyawan Yang Sering Dipakai

5. Menutup Diri Untuk Berinteraksi

Bagaimanapun juga Anda kerja tidak sendirian, setiap karyawan saling membutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan. Jangan malu memulai percakapan untuk membangun keakraban dengan karyawan lain. Hal ini juga akan memudahkan Anda kalau seketika butuh bantuan.

6. Membandingkan Kantor Lama dan Baru

Kesalahan karyawan baru ini terjadi ketika seseorang berpindah tempat kerja. Setiap perusahaan memiliki budaya dan metode yang berbeda-beda. Sebagai karyawan baru, Anda harus mengikuti dan beradaptasi dengan kantor tempat kerja saat ini. Pasalnya, membandingkan perbedaan hanya akan membuang waktu. Tak hanya itu, rekan kerja dan manajermu pun mungkin akan kurang senang mendengarnya.

7. Berusaha Mengerjakan Terlalu Banyak

Sebagai karyawan baru, tidak heran kalau Anda ingin membuat kesan yang positif dengan menyelesaikan pekerjaan sebanyak-banyaknya. Meskipun terdengar baik, hal ini bisa berakibat buruk. Pasalnya, berusaha mengambil terlalu banyak tanggung jawab bisa membuat Anda kewalahan. Pada akhirnya, mungkin tidak ada pekerjaan yang selesai secara optimal.

8. Kurang Inisiatif

Kesalahan yang mungkin seorang karyawan baru lakukan ini merupakan kebalikan dari poin sebelumnya. Mengerjakan terlalu banyak tidak baik, begitu juga sebaliknya. Sebagai karyawan baru, bagus untuk bertanya apa saja yang bisa dikerjakan secukupnya. Jangan sampai diam saja dan menunggu diberi perintah, hal ini membuat kesan negatif.

Sekian artikel tentang kesalahan yang sering dilakukan karyawan baru. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Selain Pelatihan Berikut Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar