Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Yuk, Simak ! Tips Mengerjakan Tes Pauli
Siker.id | 29 Nov 2021 14:15


Bagikan ke

siker.id - Pauli test atau test koran merupakan salah satu bentuk psikotest yang populer dan banyak digunakan pada proses rekruitmen atau penerimaan karyawan. Pauli test dikembangkan oleh Richard Pauli pada tahun 1938 yang merupakan bentuk pengembangan dari Kraeplin test yang diciptakan oleh Emil Kraeplin.

Pauli test berbentuk selembar kertas berukuran besar yang berisi gugusan angka-angka yang tersusun secara membujur dan berbentuk jalur-jalur. Dalam test ini terdapat dua halaman bolak-balik dari kolom angka tersebut sehingga membuat test ini memiliki lebih dari 2000 angka dan persoalan yang harus dikerjakan.

Dalam proses rekrutmen, tes koran digunakan untuk mengukur aspek kepribadian calon pegawainya. Jika Anda banyak melakukan kesalahan, menunjukan bahwa Anda orang yang tidak teliti dan kurang berhati-hati.

Baca juga: Berikut Ini Tips Menjadi Karyawan Teladan

Tujuan awal dari tes ini digunakan untuk melihat seberapa besar daya ingat seseorang dan yang berhubungan dengan kelelahan distraksi. Tetapi seiring berjalannya waktu, tes pauli digunakan untuk melihat minat dan bakat calon pegawai dan juga penilaian yang lebih objektif.

Untuk pengerjaanya, Anda diminta untuk menjumlahkan deretan secara vertikal. Tes ini membutuhkan kemampuan perhitungan yang baik, ketelitian, daya tahan, dan juga pengendalian emosi. Simak tips di bawah ini untuk mengerjakan tes pauli.

1. Berlatih dan Temukan Polanya

Saat ini banyak aplikasi di smartphone maupun website tentang tes psikotes pauli. Tidak hanya panduannya saja, melainkan Anda bisa mencoba tes tersebut. Nah, aplikasi tersebut bisa Anda gunakan untuk berlatih mengerjakan tes pauli. Selama berlatih Anda bisa menemukan pola cepat dan mudah untuk bisa menyelesaikannya. Karena yang terpenting dalam tes ini adalah ketelitian dan juga kecepatan.

2. Fokus dan Konsentrasi

Fokus kepada soal dan juga arahan dari pengawas. Hindari untuk mengobrol dengan teman saat pengawas sedang memberikan arah.Pusatkan pikiran dan juga konsentrasi Anda hanya kepada soal. Jangan memikirkan hal lain agar Anda tidak mudah terdistraksi.

3. Siapkan Alat Tulis yang Memadai

Menyiapkan alat tulis memadai untuk tes pauli adalah bagian dari kesuksesan Anda untuk menyelesaikan tes ini. Karena itu, siapkanlah alat tulis yang sesuai baik itu pulpen maupun pensil. Tetapi, sebaiknya jangan menggunakan pensil mekanik karena akan cepat patah dan membutuhakn waktu untuk menggantinya. Hal tersebut tentunya bisa memangkas waktu Anda dalam mengerjakan tes psikotes pauli. Tidak hanya itu, konsentrasi Anda pun bisa buyar. Sebaiknya persiapkan alat tulis lebih dari dua, baik itu pensil maupun pulpen.

Baca juga: Ini Yang Perlu Anda Tahu Tentang Surat Peringatan

4. Dengarkan dan Lakukan Instruksi dari Penguji

Walaupun Anda udah berlatih dan sudah terbiasa mengerjakan tes pauli tersebut, tetap saja harus dengarkan instruksi dari penguji. Karena biasanya, apa yang terjadi di dunia online dan dunia nyata sangatlah berbeda. Instruksi dari penguji ini berlaku pula sepanjang tes karena penguji akan memberikan aba-aba di waktu yang tidak disangka-sangka.

Setelah Anda mendengarkan instruksinya tentunya wajib untuk melakukan instruksi tersebut. Bila ada hal yang tidak Anda mengerti, maka jangan ragu untuk bertanya sampai jelas dan tidak ada yang ingin ditanyakan lagi.

5. Bersikap Tenang dan Jangan Terburu-Buru

Walaupun tes pauli ini memerlukan ketelitian dan kecepatan, tetap saja harus bersikap tenang dan tidak terburu-buru. Biasanya tidak tenang ini dipengaruhi pikiran lain yang hinggap dalam diri Anda. Maka dari itu, sebisa mungkin untuk bisa berkonsentrasi penuh pada tes tersebut. Bersikap terburu-buru pun sebisa mungkin untuk bisa dikendalikan. Karena bisa membuat hasil tes Anda tidak maksimal.

6. Teliti dalam Menjumlahkan Angka

Saat Anda mengerjakan tes pauli tersebut, usahakan teliti untuk menjumlahkan angka tersebut. Anda harus bisa dlaam keadaan stabil dalam pengerjaannya. Jika Anda teliti, maka Anda bisa menyelesaikan hal tersebut dengan baik karena instruksi dari penguji bisa Anda lakukan dengan baik. Tes pauli ini memang bukan untuk benar atau salah melainkan dilihat pula kepribadian Anda. Apakah cukup teliti, cermat, dan bisa menghadapi tekanan dalam pekerjaan.

Seperti yang diketahui bersama, tes pauli atau Koran ini terdiri dari 45 lajur berisi angka 0 sampai 9 yang disusun secara acak. Sebanyak 60 angka tersebut disusun dengan vertical pada setiap lajurnya. Tugas Anda adalah menjumlah 2 buah angka dari angka paling bawah di setiap lajurnya dengan waktu yang singkat.

Baca juga: Apa Yang Dicari Perusahaan Saat Merekrut Karyawan?


Editor: Bagus -

     

Komentar