Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Ingin Jadi Digital Marketer? Kuasai 3 Hal Ini!
Siker.id | 29 Dec 2022 11:03


Bagikan ke
Digital marketer (siker)

siker.id – Kini perkembangan pesat pada bidang pemasaran bisnis telah menghasilkan profesi baru pula.

Salah satu pekerjaan yang banyak dibutuhkan dalam industri pemasaran saat ini adalah profesi seorang digital marketer atau pemasar digital.

Ya, pasti tidak akan asing dengan istilah digital, bukan?

Seorang digital marketer ini dikenal sebagai seseorang yang berprofesi di bidang pemasaran dengan menggunakan platform digital dalam pekerjaanya.

Tugas seorang digital marketer sendiri ialah bertanggung jawab dalam brand awareness suatu produk dan sebagai perantara untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Beberapa platform digital yang biasa digunakan seorang digital marketer ialah seperti email, media sosial dan website.

Nah, untuk menjadi seorang digital marketer tentu dibutuhkan keterampilan tertentu, sobat.

Kira-kira apa saja keterampilan tersebut? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: Mengenal Pekerjaan Digital Marketing Specialist

Keterampilan yang Dibutuhkan Seorang Digital Marketer

Untuk menjadi digital marketer yang ahli, kamu sebaiknya menguasai beberapa keterampilan di bawah ini seperti dikutip dari laman niagahoster yakni:

1. Copywriting

Salah satu skill atau keterampilan yang perlu dimiliki seorang digital marketer adalah skill copywriting.

Maksudnya mereka harus mampu menjual produk melalui tulisan.

Tulisan yang dibuat ini bersifat persuasif yang digunakan dalam membujuk audiens untuk menerima tawaran produk atau layanan.

Untuk lebih efektifnya, kamu harus mampu memahami produk yang ingin dipasarkan dan kebutuhan target audiens.

Terdapat banyak formula copywriting yang dapat dilakukan untuk meyakinkan audiens.

Salah satu formula tersebut ialah AIDA (Attention, Interest, Desire, Action).

2. Conversion rate optimization

Skill penting selanjutnya untuk seorang digital marketer adalah skill conversion rate optimization.

Tantangan seorang digital marketer saat ini ialah bagaimana agar pengunjung website mau melakukan pembelian produk.

Pasalnya, kadang tak jarang ditemui pengunjung website banyak namun yang melakukan pembelian produk sedikit.

Untuk itu, sebagai seorang digital marketer harus memiliki keterampilan ini.

Conversion rate sendiri merupakan sebuah persentase banyaknya produk terjual dibanding jumlah pengunjung.

Jadi, jika dari 1000 pengunjung yang datang, hanya 50 produk terjual, maka conversion rate-nya ialah 5 persen.

Melalui hal ini, kamu bisa tahu efektif atau tidaknya penjualan bisnismu.

Baca Juga: Begini 4 Manfaat Menggunakan Digital Marketing!

3. Marketing automation

Salah satu hal yang juga perlu dikuasai seorang digital marketer adalah marketing automation.

Apa itu marketing automation ini?

Marketing automation merupakan sebuah tools yang dapat mempermudah pekerjaan digital marketing dengan mengotomatisasi proses yang harus dilakukan berulang kali.

Sebagai contoh, tools email marketing bisa diatur untuk mengirimkan email selamat datang kepada pengunjung website yang baru saja membuat akun.

Beberapa tools ini tersedia dalam berbagai pilihan ada yang berbayar maupun yang gratis.

Contoh yang ada ialah Buffer, Mailchimp, dan HubSpot.

Nah, itu tadi artikel mengenai digital marketer yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Pahami 3 Softskill Manajer di Era Digital Ini!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar