Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Kenali 3 Skill Wajib Seorang UI Designer Ini!
Siker.id | 28 Dec 2022 09:02


Bagikan ke
Skill wajib seorang UI designer (siker)

siker.id – Di balik tampilan suatu website atau aplikasi terdapat salah satu pihak yang bertanggung jawab dalam hal ini.

Pihak atau orang tersebut adalah seorang UI designer atau desainer UI.

Berbicara mengenai UI sendiri, UI atau User Interface merupakan sebuah proses yang digunakan desainer untuk membangun antarmuka dalam perangkat lunak yang berfokus pada penampilan.

Tugas seorang UI designer sendiri ialah merancang semua layar tempat pengguna akan bergerak, dan menciptakan elemen visual dan sifat interaktif yang memfasilitasi pergerakan ini.

Sementara, tujuan dari pekerjaan UI designer sendiri ialah untuk membuat tampilan antarmuka yang mudah digunakan dan menyenangkan pengguna.

Nah, untuk melakukan pekerjaannya tentu seorang UI designer membutuhkan keterampilan tertentu, sobat.

Kira-kira apa saja skill yang dibutuhkan seorang UI designer ini? Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: 4 Skill Ini Krusial Dimiliki Seorang Web Designer!

Skill Wajib Seorang UI Designer

Bila kamu ingin menjadi seorang desainer UI, kamu harus terlebih dahulu menguasai beberapa keterampilan. Seperti dilansir dari laman vocasia.id, berikut beberapa skill yang bisa kamu kuasai antara lain:

1. Keterampilan dalam desain

Skill pertama yang wajib kamu miliki adalah skill atau keterampilan desain.

Sebab, nantinya dengan adanya skill ini, kamu mampu mendesain interaksi setiap elemen yang ada pada page sehingga memudahkan user untuk mengaksesnya.

Selain itu, kamu juga dapat menampilkan interface dengan keseragaman yang baik dari segi warna, jenis huruf, gambar, animasi, dan lainnya.

Lalu membuat aplikasi atau web dengan memanfaatkan wireframe, prototype sebelum mengujinya pada pengguna.

2. Kemampuan riset

Seorang UI designer juga perlu memiliki kemampuan riset untuk mengerjakan pekerjaannya.

Ya, sebagai seorang desainer UI, kamu perlu memahami data klien, baik pekerjaan, tujuan, pengguna, hingga kompetitornya.

Kamu juga harus melakukan user testing dan melakukan berbagai metode pengumpulan data untuk memperoleh informasi seputar penggunanya.

Tentu, melalui kemampuan ini, kamu dapat merencanakan, melakukan dan menganalisis temuan dari berbagai metode penelitian dengan tepat.

Baca Juga: Minat Jadi Seorang Fashion Designer? Pelajari 4 Hal Ini!

3. Visualisasi

Keterampilan lain yang juga wajib dikuasai oleh seorang UI designer adalah kemampuan visualisasi.

Maksudnya, sebagai seorang desainer UI kamu harus mampu memvisualisasikan hasil analisis yang didapatkan dari hasil riset yang dilakukan menjadi user flow untuk desain produk yang teruji dan dengan visual yang indah.

Selain itu, kamu juga perlu menyusun tata letak tampilan halaman yang ada pada aplikasi atau website.

Hal ini meliputi pada penentuan warna, gambar, tipografi, serta elemen lainnya sehingga menjadi desain akhir yang siap dikembangkan untuk menjadi aplikasi atau situs.

Nah, itu tadi artikel mengenai skill wajib seorang UI designer yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Ini Dia Pekerjaan Seorang Game Designer!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

TAG :

Komentar