Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Pelajari 3 Tugas Administrator Jaringan Komputer Ini!
Siker.id | 23 Dec 2022 12:03


Bagikan ke
Tugas administrator jaringan komputer (siker)

siker.id – Terdapat salah satu pekerjaan vital dalam jaringan suatu komputer.

Profesi ini dinamakan sebagai administrator jaringan komputer.

Berbicara mengenai administrasi jaringan komputer, pekerjaan ini ialah suatu pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang berupa pengaturan sebuah jaringan komputer baik dalam skala kecil maupun skala besar.

Pekerjaan-pekerjaan tersebut berkaitan dengan pembuatan server, pengelolaan jaringan yang disambungkan dengan server, pengawasan jaringan, serta pengamanan pada jalannya transfer data dalam jaringan komputer.

Lantas, apa saja tugas lain seorang administrator jaringan komputer ini? Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: Pahami 4 Tugas Seorang Arsitek Sistem Komputer Ini!

Tugas Seorang Administrator Jaringan Komputer

Menurut laman Teknologi Support, terdapat beberapa tugas atauun tanggung jawab seorang administrator jaringan komputer ini diantaranya:

1. Mengatur cadangan data

Salah satu tugas atau pekerjaan seorang administrator jaringan komputer ini adalah mengatur cadangan data.

Mereka harus membuat salinan data sebagai cadangan dari data-data penting miliki suatu jaringan dari perusahaan atau instansi tertentu.

Fungsi dari adanya backup ini adalah cadangan data saat terjadi hal-hal yang diluar dugaan seperti bencana alam, terhapus data secara tak sengaja atau kerusakan perangkat keras penyimpanan data.

Dengan hal ini, seorang administrator mampu menyelamatkan data penting perusahaan dan mengembalikannya seperti semula pada saat tanggal terjadinya backup.

2. Troubleshooting atau penanganan masalah

Tugas selanjutnya seorang administrator jaringan komputer ini adalah melakukan penanganan masalah.

Ya, seorang administrator memiliki kewajiban dalam menjaga jaringannya supaya dapat beraktivitas secara normal tanpa adanya masalah.

Beberapa masalah yang kerap muncul biasanya berupa masalah teknis seperti gangguan pada koneksi internet, kerusakan pada komputer, hingga kabel yang terputus.

Baca Juga: Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komputer

3. Memastikan keamanan jaringan 

Tugas utama dari seorang administrator jaringan komputer ini adalah melindungi komputer yang berada di dalam suatu jaringan.

Jaringan dan komputer wajib terlindungi dari kemungkinan ancaman pihak lain yang tidak mempunyai hak akses atau dari ancaman program jahat seperti malware dan virus.

Untuk itu, seorang adminstrator harus mampu memilih antivirus yang tepat dan mengatur hak akses dalam jaringan untuk menjalankan tugasnya dalam bidang ini.

Nah, itu tadi artikel mengenai tugas administrator jaringan komputer yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Penasaran dengan Pekerjaan Arsitek Jaringan? Cek 3 Hal Ini!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar