Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Ingin Jadi Dosen? Pahami Dulu 3 Jenis Dosen Ini!
Siker.id | 07 Dec 2022 12:20


Bagikan ke
Jenis dosen (siker)

siker.id – Dunia pendidikan pasti tak akan jauh dengan pekerjaan seorang dosen, bukan?

Ya, seorang dosen ini merupakan pendidik profesional yang bekerja di satuan pendidikan tinggi tertentu.

Dosen kerap disebut sebagai Ilmuwan karena kapasitas ilmu yang ia miliki.

Tugas utama seorang dosen adalah mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, juga seni melalui Tri Dharma Pendidikan Tinggi.

Selain melaksanakan perkuliahan juga tutorial, dosen diharapkan dapat terus melakukan penelitian pada bidang keahliannya dan memberikan bimbingan kepada mahasiswa.

Nah, apakah kamu berkeinginan dan bercita-cita menjadi seorang dosen?

Bila begitu, ada baiknya kamu pahami terlebih dahulu jenis-jenis dosen di bawah ini sebelum kamu mendaftar menjadi dosen, ya!

Baca Juga: Tertarik Jadi Dosen? Lakukan 4 Hal Ini!

Jenis-Jenis Dosen

Menurut produk hukum pendidikan tinggi, terdapat jenis dosen di perguruan tinggi berdasarkan ikatan status ikatan antara lain:

1. Dosen tetap

Jenis pertama adalah dosen tetap.

Dosen tetap yang dimaksud di sini ialah dosen dosen yang bekerja penuh waktu, berstatus sebagai tenaga pendidik tetap pada satuan pendidikan tinggi tertentu, serta mendapat pengakuan dari Dikti dengan pemberian NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional).

Jenis-jenis Dosen Tetap

  • Dosen CPNS/PNS

Dosen PNS adalah dosen yang berkerja di Perguruan Tinggi Negeri.

Dosen PNS merupakan kalangan dosen yang sudah memenuhi kualifikasi sebagai dosen dan lolos seleksi CPNS di formasi dosen pendidikan tinggi.

  • Dosen DPK Kopertis

Dosen DPK (dipekerjakan) Kopertis adalah dosen yang ditempatkan di Perguruan Tinggi Swasta, yakni seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil) di Kopertis (Koordinator Perguruan Tinggi Swasta) yang kemudian diberi tugas atau ditugaskan untuk mengajar di salah satu perguruan tinggi yang ditunjuk oleh Kopertis.

  • Dosen Tetap Non PNS

Dosen Tetap Non PNS yang diangkat di Perguruan Tinggi Negeri sesuai persyaratan yang diatur Permendikbud no.84 Tahun 2013

  • Dosen Tetap Yayasan yang diangkat di Perguruan Tinggi Swasta

Dosen Tetap Yayasan yang diangkat di Perguruan Tinggi Swasta adalah diangkat dan diberhentikan dengan SK Yayasan dengan persyaratan yang diatur Permendikbud no.84 Tahun 2013

  • Dosen Asing/ Luar Negeri

Dosen warga negara asing/ luar negeri/ dosen asing merupakan dosen yang dikontrak dengan masa kerja minimal 2 tahun dan memiliki kualifikasi setara S3/Doktor.

Dosen tetap juga bisa berasal dari kalangan Warga Negara Asing dan masuk kategori dosen luar negeri.

2. Dosen Tidak Tetap

Jenis dosen yang kedua adalah dosen tidak tetap.

Dosen tidak tetap merupakan dosen kontrak yang diangkat Pimpinan PT/Yayasan selama jangka waktu tertentu, mereka berhomebase di PT yang kontrak mereka, bekerja penuh atau tidak penuh waktu, padanya diberi NUPN (Nomor Urut Pengajar Nasional)

Baca Juga: Ini Lho 4 Skill yang Dibutuhkan Seorang Dosen !

3. Dosen Honorer

Jenis dosen ketiga adalah dosen honorer.

Dosen Honorer merupakan dosen yang mengajar di Perguruan Tinggi tanpa ada ikatan kerja (tidak dikontrak), mereka tidak memiliki homebase, tidak didata dalam pdpt sehingga tidak memiliki NUPN.

Jenis-jenis Dosen Honorer

  • Dosen tamu

Dosen tamu merupakan dosen yang sesekali mengajar atau dosen yang diundang secara khusus oleh pihak perguruan tinggi untuk mengajar mata kuliah tertentu di momen tertentu.

  • Dosen pengganti

Dosen pengganti ialah dosen yang ditunjuk untuk menggantikan dosen lain untuk sementara. Seperti halnya dosen yang digantikan tugas mengajarnya oleh asdos atau asisten dosen.

Nah, itu tadi artikel mengenai jenis dosen yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Tips Menjaga Etika Komunikasi Online dengan Dosen


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

TAG :

Komentar