Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Minat Jadi Konsultan Pendidikan? Simak 4 Hal Ini Dulu!
Siker.id | 01 Dec 2022 12:07


Bagikan ke
Konsultan pendidikan (siker)

siker.id – Dalam dunia pendidikan dikenal pekerjaan yang dinamakan konsultan pendidikan.

Ya, seorang konsultan pendidikan ini memiliki tugas utamanya membantu pelajar untuk memilih jurusan dan tempat studi yang diminati, baik di dalam maupun luar negeri, mendukung dalam prosedur masuk universitas, membantu mengurus tiket pesawat dan tempat tinggal, serta menyediakan informasi terkait sistem sekolah di luar negeri hingga kehidupan masyarakat lokal.

Nah, bila kamu memang berminat menjadi seorang konsultan pendidikan, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu tugas dan tanggung jawab seorang konsultan pendidikan di bawah ini!

Baca Juga: 3 Pekerjaan Seorang Konsultan Konstruksi

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Konsultan Pendidikan

Seperti dilansir dari laman Bestari, berikut beberapa tugas dan tanggung jawab seorang konsultan pendidikan antara lain:

1. Membantu mempersiapkan siswa untuk menjalani tes masuk perguruan tinggi

Seorang konsultan pendidikan memiliki tugas untuk membantu mempersiapkan siswa dalam menjalani tes masuk perguruan tinggi.

Seorang konsultan pendidikan juga dapat membantu siswa berlatih mematangkan skill yang dibutuhkan untuk masuk ke jurusan yang diinginkan.

Begitu juga untuk jurusan yang banyak diminati seperti jurusan kedokteran, konsultan pendidikan dapat membantu memberi rekomendasi bimbingan belajar dan persiapan lainnya terkait tes masuk perguruan tinggi.

2. Membantu siswa mengembangkan manajemen waktu

Pekerjaan selanjutnya seorang konsultan pendidikan adalah membantu siswa dalam mengembangkan manajemen waktu.

Sebagian besar para pelajar yang menggunakan jasa konsultan pendidikan umumnya akan merantau, menempuh pendidikan di tempat yang jauh dari tempat asalnya. Mereka akan belajar mandiri dan lepas dari pengawasan langsung orangtua.

Tanpa kedisiplinan dan manajemen waktu belajar yang baik, pelajar akan kewalahan menghadapi materi kuliah yang akan memengaruhi nilai akademik mereka selama di kelas.

Baca Juga: Apa Saja Tugas Konsultan Bisnis? Begini Penjelasannya!

3. Membantu perencanaan pendidikan dan karir para siswa

Menjadi seorang konsultan pendidikan juga memiliki tugas untuk membantu perencanaan pendidikan dan karir para siswa.

Terkadang, siswa tidak memiliki gambaran pasti mengenai karir apa yang bisa mereka tekuni di masa depan.

Agar dapat mengembangkan karir dari ilmu yang sudah ditekuni, para pelajar dapat berkonsultasi dengan konsultan pendidikan untuk mendapat arahan mengenai dunia kerja sesuai jurusannya.

4. Bekerja sama dengan orangtua dan guru untuk mewujudkan rencana pendidikan anak

Tugas selanjutnya adalah dengan bekerja sama dengan orang tua dan guru untuk mewujudkan rencana pendidikan anak.

Tentunya, kerja konsultan pendidikan tak bisa lepas dari peran orang tua dalam mewujudkan rencana pendidikan anak yang telah disusun bersama.

Konsultan pendidikan perlu mendengar informasi dan masukan dari para guru dan orangtua mengenai perkembangan kemampuan akademis dan non-akademis anak ketika berada di sekolah yang juga akan memengaruhi rekomendasi rencana studinya.

Nah, itu tadi artikel mengenai pekerjaan seorang konsultan pendidikan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Tips Krusial Menjadi Konsultan Media Sosial


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar