Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Apa Yang Dicari Perusahaan Saat Merekrut Karyawan?
Siker.id | 27 Nov 2021 17:30


Bagikan ke
Perusahaan tidak sembarangan dalam melakukan [erekrutan karyawan. Mereka punya strategi apa saja yang dibutuhkan perusahaan yang ada dalam diri calon karyawan. (siker)

siker.id - Bisa bekerja di sebuah perusahaan besar dan bonafid tentu akan sangat bangga. Ketika ada yang bertanya bekerja dimana, Anda akan dengan percaya diri menjelaskannya. Ada banyak nilai positif yang didapat ketika diterima bekerja di sebuah perusahan bonafid. Namun, tentu tidak akan mudah untuk bisa bekerja di sebuah perusahaan besar. Ada banyak orang lain yang punya minat yang sama dengan Anda. Artinya butuh perjuangan dan kerja keras untuk bisa lolos dari berbagai proses seleksi tersebut. Nah, untuk memudahkan jalan, Anda harus tahu hal yang dicari perusahaan saat merekrut karyawan. Berikut ini ulasannya.

Baca juga: Apa Manfaat dari Kegiatan Magang Perusahaan?

1. Mereka yang Memiliki Integritas

Seperti definisninya, integritas adalah usaha untuk menjadi benar dan jujur kepada diri sendiri dan orang lain. Mereka yang memiliki integritas adalah yang tidak takut untuk membuat kesalahan atau menerima tanggung jawab untuk melakukannya. Bahkan mereka juga dapat dipercaya. Oleh karena itu, karyawan seperti ini adalah yang paling berharga bagi perusahaan.

2. Merekrut Karyawan Yang Terampil dalam Berkomunikasi

Kemampuan komunikasi mencakup kemampuan untuk mendengarkan, menulis dan berbicara. Keterampilan ini juga merupakan kualitas yang paling penting bagi perusahaan mengingat kemampuan ini nantinya digunakan dalam pekerjaan. Terutama untuk mengetahui sejauh mana karyawan mampu menerima, menafsirkan, serta memahami lingkungan kerjanya.

3. Potensi Jangka Panjang

Proses keluar masuk karyawan yang terlalu sering bukan sesuatu yang disukai perusahaan. Karena itu, perusahaan pasti akan mencari calon karyawan yang memang punya potensi bekerja dengan mereka dalam waktu lama. Pihak HRD akan melihat kandidat pernah bekerja di mana saja dan berapa lama di setiap perusahaan. Ini menjadi indikator yang kerap mereka gunakan untuk menilai kalau kandidat punya potensi bertahan lama atau malah akan jadi kutu loncat.

4. Kemampuan Memberikan Hasil

Hal yang dicari perusahaan lainnya adalah soal kemampuan kandidat dalam mendukung program atau rencana dari perusahaan. Mereka biasanya akan menanyakan soal pekerjaan Anda sebelumnya. Bahkan sering diminta secara detail. Kalau memang punya track records bagus dalam mendukung strategi bisnis yang dimiliki perusahaan sebelumnya, Anda berpotensi untuk diterima di perusahaan yang tengah dilamar tersebut.

5. Merekrut Karyawan Yang Antusias dalam Bekerja

Antusiasme menunjukkan bahwa calon karyawan tersebut senang akan pekerjaan yang akan dilakukan. Hal ini merupakan hal yang baik di lingkungan kerja. Menurut suatu penelitian, perasaan gembira dalam bekerja tidak hanya menular, tetapi juga memiliki dampak positif terhadap pekerjaan.

Baca juga: Berikut Alasan Karyawan Adalah Aset Penting Perusahaan

6. Kemampuan dalam Pengambilan Keputusan

Setiap bisnis pasti akan ada naik turunnya dan solusi pemecahan haruslah dicari. Mereka yang mampu berkontribusi dalam pemecahan masalah bukan hanya pemikir strategis, mereka juga mampu menjaga situasi tetap stabil ketika situasi yang tidak diinginkan muncul dan tetap menyelesaikan tugasnya dengan baik.

7. Menggunakan Keterampilan untuk Bertindak

Bukan hal yang aneh jika Anda akan diminta untuk melakukan sejumlah tugas atau tes kerja saat melamar ke perusahaan. Ini dilakukan untuk melihat lebih jauh soal skill atau kemampuan dari kandidat karyawan. Perusahaan pasti akan mencari mereka yang punya motivasi tinggi dan aktif dalam menjalankan tugasnya. Perusahaan akan mencari kandidat yang punya kemampuan memecahkan masalah dengan kemampuan yang mereka miliki.

8. Cocok dengan Lingkungan Kerja Perusahaan

Seberapa besar kemampuan dan keterampilan yang Anda dimiliki, tapi ketika dinilai tidak cocok dengan lingkungan kerja perusahaan, maka potensi diterima akan berkurang. Karena salah satu hal yang dicari perusahaan adalah tingkat kecocokan calon karyawan dengan tempatnya bekerja. Karena karyawan yang merasa akan sukses di posisinya dan bisa menyatu dengan lingkungan pekerjaan akan berpeluang bertahan lama.

Sekian artikel tentang hal yang dicari perusahaan saat merekrut karyawan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Mengapa Perusahaan Perlu Pelatihan SDM buat Karyawannya?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar