Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bosan di Tempat Kerja? Berikut Cara Mengatasinya!
Siker.id | 26 Nov 2021 21:30


Bagikan ke
Bosan ditempat kerja adalah hal yang biasa terjadi baik pada karyawan maupun pada pimpinan sendiri. (siker)

siker.id - Merasa bosan pada pekerjaan dapat berupa perasaan sementara bahkan bagi beberapa orang tidak akan bisa hilang sampai pindah ke posisi pekerjaan yang baru. Biasanya, bosan kerja adalah perasaan umum yang sering muncul di tempat kerja yang biasanya diawali karena minimnya minat pada bidang pekerjaan tersebut sehingga akan mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi. Ketika Anda mulai bosan di tempat kerja, jangan pernah merasa sendirian karena perasaan seperti itu juga pernah dialami banyak orang. Berikut ini tips untuk mengatasi rasa bosan Anda di tempat kerja agar bisa semangat kembali dalam bekerja.

Baca juga: Mengapa Kesehatan Mental Karyawan Itu Penting?

1. Ciptakan Target Baru dalam Bekerja

Rasa jenuh yang dirasakan dapat menjadi pertanda bahwa pekerjaan yang dikerjakan tidak mengalami perubahan dalam hal apa pun, termasuk ilmu yang didapatkan. Anda bisa mencoba untuk menciptakan target baru dalam pekerjaan dan melakukan perubahan. Dengan begitu, Anda termotivasi untuk mendapatkan tujuan baru yang diciptakan dalam pekerjaan.

2. Belajar Kemampuan Lain

Sebaiknya Anda terus mengasah kemampuan dalam dunia pekerjaan, misalnya mengikuti seminar yang dilakukan di luar kantor. Anda bisa mencoba untuk mengasah kemampuan di bidang yang berbeda dengan pekerjaan saat ini. Anda bisa mencoba belajar hal lain yang selama ini tertunda untuk dikerjakan, misalnya mempelajari bahasa lain agar kemampuan bahasa meningkat.

3. Ubah Lingkungan Kerja Anda

Ternyata, rasa bosan kerja juga bisa dipicu oleh lingkungan di tempat Anda bekerja. Jika ini juga terjadi pada Anda, ada baiknya Anda melakukan perubahan pada lingkungan kerja Anda. Pindah posisi meja, berikan sentuhan benda hidup seperti tanaman hias atau aquarium. Anda juga bisa menambahkan aksen warna-warni di sudut ruangan (warna merah, biru, orange, kuning, atau hijau) karena warna-warna cerah tersebut dapat membangkitkan perasaan bahagia.

4. Ambil Cuti untuk Liburan

Percaya atau tidak, liburan adalah salah satu kegiatan untuk menyegarkan kembali mood Anda setelah sibuk dengan pekerjaan yang menumpuk dan seolah tidak ada habisnya. Mengambil jatah cuti Anda untuk liburan bersama teman atau keluarga adalah cara terbaik untuk menghilangkan rasa bosan dengan pekerjaan. Ketika liburan Anda berakhir, mood dan suasana hati Anda telah kembali membaik sehingga Anda dapat bekerja dengan optimal.

Baca juga: Terlalu Sibuk Bekerja Bahaya Bagi Kesehatan, Ini Faktanya !

5. Mencoba Mencari Tahu Penyebab Kejenuhan

Rasa jenuh saat bekerja tentu ada sebabnya, nah apa saja penyebab rasa jenuh ini? Anda harus mengidentifikasi hal ini dengan melihat kembali ke belakang. Apakah pekerjaan Anda memang terlalu menumpuk? Apakah jumlah gaji tak sesuai? Apakah suasana kantor yang tidak asyik? Dan masih banyak lagi. Jika Anda sudah tahu apa penyebab kejenuhan tersebut maka Anda akan lebih mudah mengatasinya.

6. Melakukan Sesuatu yang Menyenangkan

Cara lain dalam menghilangkan jenuh dengan pekerjaan adalah dengan melakukan hal-hal seru dan menyenangkan pada saat bekerja. Contohnya Anda bisa mendengarkan musik sambil bekerja, atau sambil ngemil makanan kesukaan. Anda juga bisa menyelingi waktu bekerja dengan bermain game atau menonton film favorit, jika pekerjaan sedang tidak terlalu penuh.

7. Atur Meja Kerja dengan Rapi

Jika merasa bosan saat bekerja, coba perhatikan situasi tempat bekerja. Tempat kerja yang berantakan membuat suasana bekerja menjadi kurang nyaman dan memicu rasa bosan. Jadi, Anda bisa mencoba untuk merapikan meja kerja agar suasana menjadi lebih nyaman. Anda juga dapat menambahkan tanaman hijau pada meja kerja.

Sekian artikel tentang menghilangkan rasa kebosanan ditempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Ambil Jurusan Kesehatan Masyarakat? Begini Prospek Kerjanya


Editor: Theo Adi -

     

Komentar