Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Kenali Pekerjaan Media Buyer Ini!
Siker.id | 20 Oct 2022 13:02


Bagikan ke
Pekerjaan media buyer (siker)

siker.id – Pastinya kalian tidak asing dengan iklan yang sering muncul di televisi, media sosial, atau papan reklame bukan?

Nah, selain pekerjaan seorang pemasar atau pengiklan, ternyata terdapat pula profesi lain yang berkaitan dengan dunia periklanan ini.

Profesi tersebut dinamakan dengan media buyer. Apa itu pekerjaan media buyer?

Dilansir dari laman Study, media buyer ialah para ahli yang bertugas untuk membeli ruang iklan di berbagai media cetak, ruang terbuka, dan outlet online, seperti majalah, papan reklame, stasiun radio, dan situs web.

Pekerjaan tersebut dapat ditemukan pada perusahaan swasta atau biro agensi sebagai salah satu posisi tetap di divisi periklanan.

Selama bertugas, media buyer akan sering bernegosiasi dengan agen penjualan guna memperoleh ruang untuk iklan, sponsor, atau penempatan produk yang hemat biaya.

Mereka juga harus memahami kebutuhan klien supaya bisa memilih tempat atau media terbaik untuk luncurkan kampanye promosi.

Nah, bila kalian tertarik menekuni pekerjaan ini, kalian bisa memahami tugas dan kemampuan yang dibutuhkan seorang media buyer di bawah ini, sobat siker!

Baca Juga: Tertarik Menjadi Social Media Strategist? Baca Ini!

Tugas Seorang Media Buyer

Mengutip laman myskill.id, berikut beberapa tugas seorang media buyer antara lain:

Membeli Slot Iklan untuk Promosi

Salah satu pekerjaan seorang media buyer adalah membeli slot iklan untuk promosi.

Setiap iklan suatu produk yang kita lihat di berbagai media, merupakan hasil pekerjaan dari seorang media buyer.

Mereka bertugas melakukan pembelian slot iklan untuk para klien yang ingin memperkenalkan produk kepada para audiens dengan berbagai macam promosi di media dan menggunakan biaya seefisien mungkin.

Melakukan Negosiasi Harga

Pekerjaan berikutnya adalah melakukan penawaran harga dan penyewaan waktu dengan pihak media.

Hal ini dilakukan untuk mendapatkan slot iklan dengan harga terbaik yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

Menentukan Target Audiens

Pekerjaan ini juga menjadi tugas seorang media buyer. Media buyer juga harus dapat menentukan target dari audiens dan media yang akan kemudian mereka gunakan untuk melakukan iklan.

Selain itu, mereka juga harus dapat memutuskan cara terbaik untuk berkomunikasi dengan audiens agar mereka tertarik untuk membeli produk dari melihat iklan tersebut.

Penghubung antara Target Audiens dengan Klien

Salah satu tugas seorang media buyer adalah menjadi penghubung antara target audiens dengan klien. Tayangan iklan harus berisi informasi yang sesuai dari produk yang akan diiklankan.

Informasi ini dapat berupa rincian produk, harga jual serta manfaat dan kelebihan produk tersebut.

Dengan menggunakan metode ini, seorang buyer sudah bertugas untuk menghubungkan target audiens dengan klien perusahaan.

Baca Juga: Mengenal Pekerjaan Social Media Analyst

Kemampuan Seorang Media Buyer

Dilansir dari 4 Corner Resources, berikut kemampuan yang dibutuhkan seorang media buyer antara lain:

• Pengalaman di berbagai media periklanan termasuk radio, televisi, film, majalah, dan media sosial

• Keterampilan keuangan yang sangat baik untuk mengelola anggaran besar

• Keahlian komputer yang kuat, khusus dengan program seperti MS Office, Google Suite, dan Facebook Business Manager

• Keterampilan organisasi dan manajemen proyek yang apik

• Kemampuan komunikasi dan networking yang kuat

• Pemahaman yang baik tentang tool media analytics, seperti Videoma, Cision, Nielsen, dan Google Analytics

Nah, itu tadi artikel mengenai pekerjaan media buyer yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Mengenal Pekerjaan Social Media Specialist


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar