Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Mengenal Pekerjaan Digital Strategist
Siker.id | 20 Oct 2022 11:01


Bagikan ke
Mengenal pekerjaan digital strategist (siker)

siker.id – Disadari atau tidak, digitalisasi kini telah berkembang secara pesat. Ini terbukti dari berbagai macam pekerjaan yang berkaitan dengan dunia digital.

Salah satu pekerjaan yang ada adalah digital strategist. Apa itu digital strategist dan bagaimana pekerjaannya?

DIkutip dari Artisan Talent, digital strategist merupakan ahli yang bertugas untuk mengintegrasikan aset digital dan membuat strategi kampanye pemasaran untuk perusahaan.

Pekerjaan tersebut berada di bawah divisi pemasaran digital dan merupakan salah satu jabatan yang memiliki posisi cukup tinggi.

Dalam perusahaan yang lebih besar, mereka terkadang berperan untuk memimpin proyek digital activation dan mengukur efisiensi seluruh saluran digital bisnis.

Bahkan, kerap kali mereka didorong untuk menciptakan brand image dan presensi online perusahaan supaya bisa terlihat mumpuni.

Tugas utama dari seorang digital strategist ialah mengintegrasikan aset digital, kampanye pemasaran online, brand awareness, mengukur efisiensi, dan efektivitas saluran digital.

Selain itu, mereka juga bertugas menganalisis pengalaman pengguna, membuat sebuah proyek digital, mengontrol strategi yang telah terencana maupun yang berjalan, dan memastikan proyek terlaksana sesuai dengan anggaran.

Nah, apakah kamu tertarik menjadi seorang digital strategist? Bila kamu tertarik, kamu harus memahami tugas, skill, dan kualifikasi seorang digital strategist di bawah ini!

Baca Juga: Mengenal Pekerjaan Digital Marketing Specialist

Tugas Digital Strategist

Dilansir dari Better Team, berikut beberapa tugas seorang digital strategist antara lain:

• Membangun dan merencanakan strategi inbound marketing

• Memotivasi dan memimpin tim pemasaran digital

• Memantau kinerja tim digital marketing dari perusahaan kompetitor

• Mengoptimalkan kualitas SEO pada platform online perusahaan

• Membuat strategi digital yang terintegrasi dan hemat biaya

• Memetakan strategi pengoptimalan aset digital yang sesuai dengan target bisnis

• Mengevaluasi dan menerapkan perbaikan pada seluruh strategi digital perusahaan

• Meneliti alat digital terbaru dan tren pemasaran yang interaktif

• Mengelola dan melatih anggota tim digital marketing

• Mengelola semua saluran pemasaran digital

• Mengukur hasil ROI dan KPI anggota tim digital marketing

• Menyiapkan dan mengelola anggaran untuk kampanye pemasaran digital

• Mengawasi semua akun media sosial perusahaan

Baca Juga: Tertarik Menjadi Social Media Strategist? Baca Ini!

Kualifikasi & Skill Seorang Digital Strategist

Dikutip dari laman Get Smarter dan Workable, berikut kualifikasi dan skill yang bisa kamu kuasai untuk menjadi seorang digital strategist:

• Pengetahuan yang kuat tentang alat analisis web, seperti Google Analytics

• Pengalaman langsung dengan alat dan praktik pemasaran online

• Akrab dengan praktis desain web dan HTML

• Pengalaman kerja yang memadai sebagai ahli strategi pemasaran digital atau manajer digital marketing.

• Pengetahuan yang mendalam untuk software SEO, SEM dan CRM

• Pengalaman menerapkan dan mengoptimalkan kampanye Google Adwords

• Keterampilan komunikasi verbal dan tertulis yang sangat baik

• Keterampilan analitis dan manajemen proyek yang mumpuni

Nah, itu tadi artikel mengenai Digital Strategist yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Begini Pekerjaan Seorang Brand Strategist


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar