Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tertarik Menjadi Creativepreneur? Pelajari Ini!
Siker.id | 18 Oct 2022 13:10


Bagikan ke
Creativepreneur (siker)

siker.id – Apakah kamu menyukai bidang wirausaha dan ingin memiliki bisnis sendiri? Bila begitu kamu bisa mencoba memulai bisnismu dengan menjadi seorang creativepreneur. Apa itu creativepreneur?

Dilansir dari tokotalk.com, creativepreneur ialah pelaku bisnis yang mengembangkan bisnis dengan strategi kreatif yang penuh misi, passion, dan gebrakan baru yang jauh berbeda dari strategi bisnis konvensional.

Istilah ini diambil dari kata ‘creative’ yang artinya kreatif dan ‘entrepreneur’ atau wirausaha. Maksudnya, menggabungkan sisi kreativitas tidak terbatas di dalam bisnis dengan tujuan mengembangkan bisnis dan meraih keuntungan maksimal.

Nah, bila kamu memang tertarik menjadi seorang creativepreneur ada baiknya kamu memahami karakteristik dan tips seorang creativepreneur di bawah ini!

Baca Juga: Kamu Seorang Pengusaha? Kenali 6 Tipe Pembeli Ini!

Karakteristik Creativepreneur

Berikut beberapa karakteristik seorang creativepreneur yang bisa kamu pelajari antara lain:

Berani Ambil Risiko & Bertanggung Jawab

Salah satu karakteristik seorang creativepreneur adalah berani dalam mengambil risiko dan juga bertanggung jawab.

Pelaku usaha yang berani melakukan perubahan dengan perhitungan matang dan juga berani mengambil risiko terburuk.

Mereka juga dibekali nilai kepemimpinan yang mapan untuk bertanggung jawab bila ada kesalahan atau kegagalan.

Memiliki Jiwa Kompetitif

Seorang creativepreneur harus mempunyai jiwa kompetitif yang baik. Pebisnis harus punya jiwa kompetitif untuk terus berkembang menciptakan produk baru, memperbaiki kualitas produk/jasa, dan bekerja keras untuk lebih unggul dari kompetitor.

Karakteristik ini tentu akan membuat kamu selalu semangat dalam belajar serta menggali kesempatan baru.

Jujur

Karakteristik yang juga harus dimiliki seorang creativepreneur adalah kejujuran.

Ya, pengusaha yang kreatif pasti akan menghargai karya sesama pengusaha lainnya dan tidak akan mencoba menjiplak karyanya.

Kejujuran yang selalu diperlihatkan seorang creativepreneur tentu akan membuat klien akan semakin senang dan loyal dengan produk yang kamu produksi.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Menjadi Pengusaha Muda dari Nol!

Tips Menjadi Creativepreneur

Untuk menjadi seorang creativepreneur dibutuhkan beberapa hal antara lain:

Mempelajari Bisnis

Tips pertama yang bisa kamu lakukan bila ingin menjadi creativepreneur ialah mempelajari bisnis. Bila kamu tidak memiliki basic bisnis sama sekali, kamu perlu belajar untuk menjadi creativepreneur yang sukses.

Kamu tidak bisa mengandalkan sisi kreativitas yang kamu miliki, namun kamu perlu pengetahuan bisnis untuk menerapkan strategi yang efektif.

Menemukan Passion

Tips kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan menemukan passion. Seorang creativepreneur perlu menemukan passion kalian untuk bisa mengembangkannya dalam bidang tersebut.

Kamu juga perlu ahli dan juga terus belajar agar bisa terus berinovasi untuk mewujudkan keinginan klien.

Seorang creativepreneur harus memiliki keinginan dan passion sendiri agar bisa terus berkembang dan tidak hanya ikut-ikutan orang lain.

Sabar

Tips selanjutnya adalah memiliki kesabaran. Tidak hanya menemukan passion, seorang creativepreneur perlu bersabar ketika bertemu klien yang susah dipahami atau proyek yang dikerjakan cukup sulit.

Seorang creativepreneur harus siap dengan revisi-revisi yang akan datang. Dengan kesabaran, usaha yang kamu kembangkan akan memiliki reputasi baik untuk terus maju dan berhasil.

Nah, itu tadi artikel mengenai creativepreneur yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Prinsip Etika Bisnis Untuk Jadi Pengusaha Sukses


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar