Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tertarik Jadi Desainer Interior? Pelajari Ini!
Siker.id | 17 Oct 2022 13:05


Bagikan ke
Desain interior (siker)

siker.id – Pekerjaan seorang desain interior sudah pasti berkaitan dengan bidang arsitektur. Sebenarnya apa pekerjaan dari seorang desain interior ini?

Dikutip dari situs web Gramedia, desainer interior bertanggung jawab atas keseluruhan proses desain interior yang terdiri dari perencanaan, penataan dan perancangan ruang-ruang interior.

Desain interior dalam proses perencanaannya mengikuti serangkaian metode yang dapat dipertanggungjawabkan dan sistematis melalui beberapa tahapan yaitu riset, analisis dan integrasi pengetahuan dalam satu proses kreatif.

Dalam pekerjaannya, seorang desainer interior juga menggabungkan fungsi kegunaan, estetika, dan keselamatan untuk setiap proyek bangunannya.

Selain itu, seorang desainer interior harus tahu bagaimana membuat rancangan yang mencakup furnitur, warna dan pencahayaan untuk membuat setiap ruang besar atau kecil jadi terlihat lebih megah dan enak dipandang.

Nah, bila kamu tertarik menjadi seorang desainer interior, berikut beberapa skill yang wajib kamu kuasai, sobat siker!

Baca Juga: 4 Prinsip UX Desain yang Wajib Kamu Ketahui !

Skill Desain Interior

Dilansir dari The Balance Careers, berikut beberapa skill yang dapat kamu kuasai bila ingin menjadi seorang desainer interior antara lain:

Manajemen Waktu

Keterampilan yang pertama yang harus dikuasai adalah manajemen waktu. Pasalnya, sebagian besar desainer interior bekerja secara independen dengan memiliki beberapa klien sekaligus.

Alhasil pekerjaan yang dimilikinya sangatlah banyak dan harus bisa memecah fokus ke beberapa proyek sekaligus.

Mempunyai kemampuan dalam manajemen waktu ini akan membantumu dalam menyelesaikan pekerjaannya sesuai deadline yang diberikan.

Terampil Menggunakan Software Pendukung Kerja

Salah satu keterampilan yang wajib kamu kuasai adalah penggunaan perangkat lunak.

Dikutip dari Kompas, desainer interior harus mengikuti perkembangan teknologi terbaru. Selain itu, mereka juga harus paham AutoCad dan program lainnya untuk perencanaan ruang dan sebagainya.

Baca Juga: 3 Tips Menerapkan Desain Grafis Minimalis

Kemampuan Interpersonal

Skill yang juga penting bagi desainer interior adalah kemampuan interpersonal. Kemampuan interpersonal sangat diperlukan karena desainer harus mengerjakan tugasnya sesuai yang diinginkan oleh klien.

Tentunya tidak akan mudah untuk memahami keinginan klien jika tanpa memiliki skill yang satu ini. Selain itu, dalam proses mengerjakannya juga harus berinteraksi dengan arsitek hingga pekerja konstruksi.

Pemecahan Masalah

Skill yang tak kalah penting untuk seorang desainer interior adalah kemampuan problem solving atau pemecahan masalah.

Merencanakan ruangan yang sesuai dengan keinginan klien bukanlah hal yang mudah. Pasti di tengah proses pengerjaannya akan ditemukan tantangan yang perlu diselesaikan.

Masalah tersebut juga tidak selalu berasal dari klien. Ada kalanya mereka harus menghadapi permasalahan saat berhadapan dengan arsitek atau pekerja konstruksi.

Nah, itu tadi artikel mengenai desainer interior yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Profesi Desain Interior Menjanjikan


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar