Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berminat Menjadi Art Director? Pahami Hal Ini!
Siker.id | 17 Oct 2022 16:00


Bagikan ke
Art director (siker)

siker.id – Apakah kamu tertarik pada bidang seni dan minat menjajaki karir yang lebih tinggi? Bila kamu tertarik kamu bisa merintis karir menjadi seorang art director atau direktur seni.

Dikutip dari ekrut.com, art director ialah seseorang yang bertanggung jawab atas tampilan visual secara keseluruhan di berbagai media seperti koran, majalah, film, dan televisi.

Seorang art director membuat seluruh desain untuk sebuah proyek serta memberi arahan pada tim yang ikut bekerjasama dalam membuat layout atau artwork.

Art director biasanya bekerja dengan tim. Mereka memimpin sebuah proyek yang akan dibantu dengan tim seperti graphic designer.

Baca Juga: Kenali Tanggung Jawab Creative Director

Skill Art Director

Jika kamu memang tertarik untuk menjadi seorang direktur seni, kamu harus mempelajari beberapa skill di bawah ini antara lain:

Berpikir Analitis

Keterampilan yang wajib dimiliki seorang art director adalah mampu berpikir secara analitis.

Seorang direktur seni harus menggunakan logika dan penalaran untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif ataupun pendekatan permasalahan yang dihadapi.

Menguasai Software Desain

Skill kedua adalah mampu menguasai software desain. Dengan pekerjaan utama membuat konsep dan mengkoordinasikan dengan sesama anggota tim, art director diharuskan untuk menguasai software–software desain grafis.

Software–software itu misalnya adalah Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Adobe After Effects serta software lainnya untuk memudahkan dalam pekerjaan.

Baca Juga: 5 Skill yang Dibutuhkan Assistan Director

Kreativitas

Skill ketiga ialah memiliki kreativitas. Tentunya, menjadi art director tentunya butuh kreativitas yang tinggi.

Hal ini dikarenakan seorang art director sangat bertanggung jawab dengan segala bentuk visual sebelum dipublikasi.

Selain itu, mereka juga merancang konsep dari nol sampai disetujui oleh klien.

Kreativitas dapat terus diasah dengan mengikuti banyak pelatihan, workshop serta sertifikasi. Berlatih mata dengan rajin melihat inspirasi sebagai referensi juga bisa menjadi salah satu cara.

Desain Grafis

Skill selanjutnya yang juga penting untuk art director adalah keterampilan desain grafis.

Untuk menjadi seorang art director dibutuhkan pengalaman serta skill dalam desain grafis. Layout, typography, sampai warna perlu dikuasai untuk menciptakan hasil yang baik.

Nah, itu tadi artikel mengenai Art Director yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Profesi Assistant Director


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar