Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Mengenal Profesi Manajer Proyek
Siker.id | 13 Oct 2022 16:06


Bagikan ke
Mengenal profesi manajer proyek (siker)

siker.id – Pada suatu proyek seperti, pembangunan gedung atau hotel pastinya terdapat beberapa pihak yang melakukan pekerjaan. Salah satunya adalah pekerjaan manajer proyek.

Manajer proyek ialah seseorang yang bertanggung jawab untuk mengatur, merencanakan, dan melaksanakan project dengan berdasarkan anggaran dan penjadwalan.

Manajer proyek juga bertanggung jawab untuk memimpin tim, menentukan tujuan, berkomunikasi dengan para stakeholder, dan menyelesaikan proyek dari awal hingga akhir.

Nah, bila kamu tertarik menjadi seorang manajer proyek, berikut beberapa keterampilan yang dapat kamu kuasai, sobat siker!

Baca Juga: Tertarik Bidang IT? Begini Profesi Manajer IT!

Skill Manajer Proyek

Bila kamu tertarik menjadi seorang manajer proyek kamu harus memahami beberapa skill penting ini. Dilansir dari Indeed, begini beberapa skill seorang manajer proyek antara lain:

Kepemimpinan

Keterampilan ini sudah pasti harus kamu miliki bila menjadi seorang manajer proyek.

Kamu harus mengetahui bagaimana cara mengarahkan anggota tim untuk mengerjakan tugas-tugas yang harus diselesaikan, memotivasi mereka, dan membuat mereka mampu menyelesaikan proyek.

Negosiasi

Skill ini juga penting karena manajer proyek nantinya akan berhubungan dengan supplier, klien, dan para stakeholder lainnya yang memiliki kepentingan dalam sebuah proyek.

Negosiasi ini merupakan skill yang sangat bermanfaat dalam berkomunikasi dengan anggota tim.

Kadang, kita harus bernegosiasi mengenai tugas yang diberikan, berargumen tentang suatu ide dan keputusan, dan lainnya.

Manajemen Tim dan Waktu

Keterampilan yang juga penting dimiliki seorang manajer proyek adalah manajemen tim dan waktu. Sumber daya waktu dan anggota tim adalah dua hal yang sangat penting bagi seorang manajer proyek.

Maka dari itu, sebagai pemimpin, kamu harus tahu bagaimana caranya mengelola dua hal ini dengan maksimal.

Baca Juga: Apa itu Manajer Investasi? Begini Penjelasannya!

Manajemen Risiko

Ini juga menjadi keterampilan penting manajer proyek. Sebuah proyek mungkin saja tidak berhasil akibat banyaknya risiko yang bisa terjadi.

Maka dari itu, kemampuan manajemen risiko wajib dimiliki seorang manajer proyek.

Dengan kemampuan manajemen risiko, seorang project manager bisa memperkirakan titik mana saja yang memiliki risiko kegagalan tinggi.

Setelah mengetahui hal tersebut, hal yang harus dilakukan project manager adalah memikirkan bagaimana agar kendala tersebut bisa dilalui dengan baik.

Problem Solving

Kemampuan seorang manajer proyek dalam menyelesaikan berbagai masalah tentunya akan sangat berguna untuk kelangsungan proyek.

Ketika manajer proyek mampu melakukan riset dengan baik, mendengarkan masukan dari anggota tim, klien, dan stakeholer, hal ini seharusnya tidak sulit untuk dilakukan.

Pengolahan informasi-informasi tersebut akan sangat bermanfaat untuk membuat suatu kesimpulan yang bisa menjadi solusi kendala dalam proyek.

Nah, itu tadi artikel mengenai manajer proyek yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Pahami 5 Skill Wajib bagi Seorang Manajer Risiko Ini!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar