Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Skill yang DIbutuhkan Project Officer
Siker.id | 11 Oct 2022 15:00


Bagikan ke
Skill yang DIbutuhkan Project Officer (siker)

siker.id - Project officer merupakan seseorang yang memiliki tugas untuk membantu project manager mewujudkan rencana proyeknya. Project officer biasa ditemukan dalam industri manufaktur, logistic, teknologi, hingga kesehatan. Secara umum tugas project officer seperti mengembangkan proyek, member arahan, serta mengkoordinasi timeline dan membuat arahan bagi tim sesuai dengan rencana proyek.

Baca Juga : Apa Saja Manfaat Quality Control ?

Nah, skill apa saja sih yang dibutuhkan untuk menjadi project officer ?

Simak penjelasannya berikut ini ya !

1. Manajemen proyek

Skill pertama yang dibutuhkan project officer adalah manajemen proyek. Kemampuan ini bisa berkembang seiring dengan pengalamanmu bekerja di beberapa proyek, atau bisa juga melalui pelatihan. Project officer setidaknya harus mengetahui dasar manajemen proyek yaitu inisiasi, perencanaan, eksekusi, penutupan, dan evaluasi.

2. Pengetahuan terhadap industri

Skill kedua yang dibutuhkan project officer adalah pengetahuan terhadap industri. Project officer sangnat membutuhkan kemampuan ini untuk membantu strategi proyek.

Contohnya, seorang project officer yang bekerja di perusahaan manufactur harus memiliki pengetahuan yang dalam mengenai manufactur.

Project officer juga mungkin harus mengikuti beberapa pelatihan maupun kelas untuk mengembangkan dan mendalami pengetahuan tentang industri mereka.

Baca Juga : Begini Lho Cara Kerja Quality Control !

3. Komunikasi

Skill ketiga yang dibutuhkan project officer adalah komunikasi. Kemampuan berkomunikasi sangat dibutuhkan project officer, karena project officer akan melakukan koordinasi dengan setiap anggota tim dalam proyek. Selain itu, project officer juga mengorganisasi dan mengadakan meeting untuk memantau progres.

4. Kemampuan teknikal

Skill keempat yang dibutuhkan project officer adalah kemampuan teknikal. Penggunaan alat manajemen proyek kerap kali dilakukan oleh proyek officer. Tentunya penggunaan alat dan kemampuan teknikal untuk project officer ini akan berbeda-beda, menyesuaikan kebutuhan perusahaan dan industri tempanya bekerja.

5. Interpersonal

Skill kelima yang dibutuhkan project officer adalah interpersonal. Kemampuan interpersonal seperti aktif listening saat anggota tim memberikan opini, atau membantu manajemen konflik jika terjadi masalah baik personal maupun professional sangat dibutuhkan project officer.

Hal ini dikarenakan project officer akan melakukan kolaborasi dan berhubungan langsung dengan banyak individu dari masing-masing tim.

Nah, itu tadi beberapa skill yang dibutuhkan project officer.

Jangan lupa like, komen, dan share ya sobat siker.

Baca Juga : Tertarik Menjadi Staf Quality Assurance? Pahami 3 Skill Ini!

 

 

 

 


Reporter: Novian Dwi Prasetyo
Editor: -

     

Komentar