Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Syarat Wajib Seorang Cloud Architect
Siker.id | 07 Oct 2022 16:19


Bagikan ke
Syarat wajib seorang cloud architect (siker)

siker.id – Di dalam dunia IT (Information Technology) atau tekologi informasi, terdapat istilah pekerjaan cloud arachitect. Pernahkah kamu mendengar profesi ini? Sebenarnya apa itu cloud architect?

Dikutip dari Cloud Academy, cloud architect merupakan orang yang membuat rancangan dari semua struktur dan komponen sebuah cloud service agar beroperasi dengan baik serta mudah diakses oleh klien.

Hal Ini termasuk merancang infrastruktur platform front-end dan back-end, sistem pengiriman dan penyimpanan datanya, sistem keamanan, sampai mendesain jaringannya. Ketika digabungkan, elemen-elemen ini nantinya akan membentuk sebuah cloud service platform.

Nah, bila kamu tertarik menjadi seorang cloud architect, kamu mesti pahami beberapa hal ini dulu, ya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Skill Wajib bagi Para Cloud Engineer

Fleksibel & Memiliki Keinginan Kuat Belajar

Syarat pertama yang harus kamu miliki adalah kamu merupakan orang yang fleksibel dan memiliki keinginan kuat untuk terus belajar. Seorang arsitek cloud harus dapat bekerja dalam segala kondisi kerja dan terbuka untuk belajar mengenai hal-hal baru yang menjadi karakteristik tiap-tiap proyek maupun pelanggan yang mereka hadapi.

Keinginan tinggi untuk terus mengasah kemampuan, baik itu bagi mereka yang masih pemula maupun yang sudah punya jam terbang tinggi, tentu akan membantu mereka dalam membuat panduan bagi tiap-tiap organisasi.

Seorang arsitek cloud yang punya rasa keingintahuan tinggi akan punya bekal yang lebih luas dalam menghadirkan solusi atas setiap permasalahan yang terjadi.

Cepat dalam Mengambil Keputusan

Syarat kedua adalah kamu harus cepat dalam mengambil suatu keputusan. Pasalnya, arsitek cloud menjadi sosok yang begitu dicari-cari oleh pemangku kepentingan tatkala mereka butuh solusi atas permasalahan yang mereka hadapi. Penting bagi seorang arsitek cloud untuk dapat memberikan perspektif yang jelas dan tegas.

Ini sebagai jaminan bahwa tidak saja permasalahan tersebut berada di tangan yang tepat untuk ditangani dengan tepat pula, namun juga bahwa solusi cloud yang telah direkomendasikan oleh arsitek cloud aman, tangguh, terjangkau biayanya, dan operasionalnya terkelola dengan prima.

Baca Juga: 3 Kelebihan Aplikasi Berbasis Cloud

Manajemen Waktu

Hal terakhir yang juga harus diperhatikkan adalah tentang manajemen waktu. Seorang arsitek cloud harus bisa mengelola waktu mereka dengan baik.

Kegiatan mereka setiap hari selalu dinamis: rapat dengan pelanggan, perjalanan dinas, menulis skrip, menyusun rencana migrasi, memperdalam pengetahuan mereka mengenai fitur-fitur baru lewat pelatihan daring, maupun mengerjakan troubleshooting.

Semuanya dilakukan dalam rangka menuntaskan beragam permasalahan dan kebutuhan yang dihadapi oleh tiap-tiap pelanggan.

Maka dari itu, seorang arsitek cloud harus membuat perencanaan harian berdasarkan skala prioritas dan paham betul bagaimana memaksimalkan kerja mereka di antara waktu mereka yang sempit tersebut.

Nah, itu tadi 3 Syarat Wajib Seorang Cloud Architect yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: PROSPEK KERJA CLOUD ENGINEER


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar