Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Keterampilan Wajib bagi Ahli Cybersecurity
Siker.id | 07 Oct 2022 14:18


Bagikan ke
Keterampilan wajib bagi ahli cybersecurity (siker)

siker.id – Kebutuhan akan kemanan siber saat ini cukup banyak permintaannya. Biasanya yang menggunakan jasa ini adalah perusahaan atau institusi yang memiliki data dalam jumlah besar.

Alasan mengapa permintaan akan keamanan siber ini meningkat karena tingkat kejahatan siber juga meningkat. Beberapa bentuk kejahatan siber yang kerap terjadi yakni, pembobolan, pencurian, dan penyalahgunaan data yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Ini tentu berimbas buruk pada perusahaan bila masalah tersebut tidak tertangani dengan baik. Untuk itu, baik perusahaan maupun institusi tersebut menggunakan jasa ahli cybersecurity untuk mengamankan data-data mereka dari pihak yang tidak bertanggung jawab tersebut.

Ahli cybersecurity ini memiliki pekerjaan untuk melakukan perlindungan sistem, data, jaringan, dan program dari ancaman atau serangan digital.

Nah, bila kamu tertarik pada bidang pekerjaan ini, kamu harus memiliki keterampilan di bawah ini, ya, sobat siker!

Baca Juga: Berikut Tugas dan Skill yang Harus Dimiliki Web Programmer

Cloud Security

Keterampilan yang wajib dimiliki adalah cloud security. Hal ini juga menjadi keterampilan dasar yang belakangan banyak dicari pada ahli cybersecurity mengingat banyak perusahaan yang mulai menggunakan layanan berbasis cloud.

Layanan berbasis cloud memang dikenal rentan terhadap beberapa risiko keamanan siber seperti pelanggaran data hingga peretasan akun. Itu sebabnya keterampilan ini dibutuhkan agar memastikan data yang disimpan pada layanan berbasis cloud tersebut aman.

Programming

Keterampilan yang juga penting adalah kemampuan dalam programming. Pemahaman dasar terhadap bahasa pemrograman sangat penting dimiliki oleh setiap ahli cybersecurity untuk mengukur kemungkinan terjadinya serangan pada sistem dan merancang rencana antisipatif terkait hal tersebut di masa depan.

Bahasa pemrograman seperti Perl, C, PHP, Java, dan Shell juga dapat membantu seorang ahli di bidang cybersecurity memahami backend suatu sistem.

Selain bahasa pemrograman, seorang ahli di bidang cybersecurity juga membutuhkan pengetahuan tentang management of operating systems, system architecture, virtualization software, networking, dan administrasi.

Baca Juga: Berikut Bahasa Pemrograman yang Dikuasai Web Programmer

Enkripsi

Keterampilan yang juga wajib dimilikki adalah enkripsi. Permintaan akan keterampilan enkripsi di antara profesional cybersecurity semakin meningkat karena perusahaan menyadari serangan siber rentan terjadi dan bahkan menjadi lebih sulit untuk diidentifikasi dan dicegah.

Keterampilan ini dibutuhkan salah satunya ketika perusahaan dihadapkan pada skenario terburuk seperti saat mengalami ancaman di mana peretas berupaya mengakses dan mencuri data pribadi bisnismu namun tim keamanan gagal mendeteksinya secara langsung.

Pada skenario seperti ini, enkripsi dibutuhkan sebagai jalur terakhir untuk melindungi data yang ada karena data-data yang sudah dienkripsi tidak dapat diakses tanpa kunci enkripsi.

Intrusion Detection

Keterampilan yang juga tak kalah penting adalah instrusion detection. Banyak perusahaan mulai menyadari bahwa setiap sistem rentan terhadap peretasan. Itu sebabnya seorang ahli di bidang cybersecurity pun diharapkan mampu mengurangi risiko terjadinya hal tersebut dengan kemampuannya dalam mendeteksi intrusi.

Dengan adanya keterampilan tersebut, seorang ahli cybersecurity dapat mendeteksi aktivitas yang berpotensi membahayakan sistem sebelum pelanggaran atau serangan terjadi.

Nah, itu tadi 4 Keterampilan Wajib bagi Ahli Cybersecurity yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Cara Meningkatkan Rekrutmen Perusahaan di Era Teknologi


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar