Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Softskills yang Perlu Dikuasai Frontend Developer
Siker.id | 07 Oct 2022 13:18


Bagikan ke
Softskills yang perlu dikuasai frontend Developer (siker)

siker.id – Kamu pasti tahu dengan website, bukan? Nah, salah satu pihak yang berkaitan dengan pekerjaan pembuatan website adalah seorang frontend developer. Sebenarnya siapa dia dan perannya bagaimana dalam pembuatan website?

Dikutip dari niagahoster.co.id, front end developer adalah pengembang website yang menggunakan baris kode HTML, CSS, dan JavaScript untuk menghasilkan website dengan tampilan yang menarik. Mereka adalah orang-orang yang mengolah desain murni menjadi website yang interaktif dengan pengguna.

Menjadi seorang frontend developer tentu dibutuhkan keterampilan teknis dan non-teknis. Kemampuan teknis seorang frontend developer meliputi, bahasa pemrograman, Java Script, Git, dan lain sebagainya.

Nah, selain keterampilan teknis tersebut yang perlu dikuasai, keterampilan softskill juga harus dipelajari. Kira-kira apa saja softskill bagi frontend developer tersebut? Sima penjelasannya di sini ya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Skill Wajib bagi Front End Developer

Kemampuan Komunikasi dan Kerja Sama

Keterampilan ini penting untuk dimilikki, ya, sobat siker. Pasalnya, pada semua jenis profesi, memiliki kemampuan komunikasi yang baik sangatlah penting. Dengan komunikasi yang lancar, kesalahpahaman pun bisa dihindari.

Selain itu, kerja sama dalam tim dan dengan tim lain juga dapat terjalin dengan baik. Kerja sama tim yang baik juga dapat memberikan rasa senang dalam pekerjaan.

Pemahaman tentang User

Pernah mendengar istilah pelanggan adalah raja? Ya, ungkapan ini pun berlaku dalam bidang teknologi informasi. Untuk membangun sebuah situs maupun aplikasi, kepuasan pelanggan menjadi salah satu perhatian utama.

Maka dari itu, frontend developer yang baik juga harus memahami pengguna. Usahakan untuk mempertimbangkan sudut pandang pengguna ketika melakukan pengembangan atau perbaikan pada situs maupun aplikasi.

Baca Juga: Pelajari 6 Skill Ini Jika Ingin Menjadi Backend Developer!

Problem Solver

Softskill yang juga penting ialah mampu menjadi pemecah masalah. Ketika terbentur suatu masalah, sebisa mungkin hadapi dengan sudut pandang yang objektif. Kemampuanmu dalam menghadapi masalah tersebut akan berpengaruh besar pada karier maupun perusahaanmu.

Kamu juga tidak perlu selalu menanganinya seorang diri. Kamu dapat meminta bantuan dari kolega maupun teman setim yang bekerja sama denganmu.

Kemampuan untuk Belajar Terus Menerus

Menjadi seorang frontend developer pastinya akan berkaitan dengan perkembangan teknologi. Ya, menjadi seorang frontend developer harus mampu mengikuti perkembangan teknologi dan belajar hal baru di dalamnya. Intinya, jangan hanya puas dengan kemampuan yang sudah kamu miliki, ya, sobat siker!

Nah, itu tadi 4 Softskills bagi Frontend Developer yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Pertanyaan Interview Seputar Game Developer


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar