Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Begini 3 Kualifikasi Seorang Software Developer!
Siker.id | 07 Oct 2022 12:39


Bagikan ke
Kualifikasi seorang software developer (siker)

siker.id – Bila kamu memiliki gawai seperti, handphone atau laptop, pasti di dalam perangkat tersebut terdapat aplikasi yang dapat digunakan. Entah itu aplikasi untuk mengirimkan pesan, membuat video, atau sekadar mendengarkan musik.

Aplikasi tersebut merupakan software atau perangkat lunak yang berfungsi untuk menjalankan operasi tertentu. Nah, salah satu pekerjaan yang berkaitan dengan software ialah software developer. Siapa sebenarnya software developer ini?

Dikutip dari gramedia.com, software developer bertugas menciptakan suatu aplikasi sesuai kebutuhan, menganalisis persyaratan software dan menentukan langkah perancangan software secara spesifik.

Menjadi seorang software developer memerlukan pengetahuan coding, dan ketepatan dalam menilai kebutuhan sistem, memiliki ide pengembangan software, dan kemampuan dalam berkolaborasi dengan user, desainer, serta system analyst.

Nah, untuk menjadi software developer handal, dibutuhkan kualifikasi tertentu, ya, sobat siker. Selain keterampilan teknis, terdapat keterampilan non-teknis yang juga harus diterapkan. Apa saja itu? Berikut penjelasannya!

Baca Juga: 5 Skill Wajib bagi Front End Developer

Detail-oriented

Hal pertama adalah perhatian pada detail. Ya, untuk mengerjakan, merancang, dan juga coding suatu proyek memang tidak mudah. Barisan kode angka, huruf, dan bahasa pemrograman yang kompleks bisa membuat otak menjadi lelah.

Untuk itu, seorang software developer membutuhkan ketelitian tingkat tinggi untuk menjalankan pekerjaanya.

Kerja Sama

Kualifikasi yang juga diperlukan oleh seorang software developer adalah memiliki kerja sama yang baik. Menjadi seorang developer pastinya akan banyak proyek yang harus dikerjakan bersama dengan tim.

Untuk itu, kamu harus banyak belajar untuk lebih kooperatif. Tim ini bukan hanya dari internal saja, lho, kamu bisa juga bekerja sama dengan tim eksternal seperti klien.

Baca Juga: Pelajari 6 Skill Ini Jika Ingin Menjadi Backend Developer!

Bekerja Tidak Setengah-Setengah

Kualifikasi yang tak kalah penting bagi software developer adalah bekerja secara all-out alias tidak setengah-setengah. Bila kamu ingin menjadi seorang software developer profesional, kamu harus menyelesaikan apa yang sudah kamu buat sejak awal dan jangan mudah menyerah.

Skenario terburuk dalam sebuah proyek adalah software yang mandek di tengah jalan. Nah, jangan sampai karena kegagalan ini membuat kamu jadi tidak melanjutkan proyek karena semangat yang hilang. Sekali kamu mengerjakan satu proyek, harus kamu selesaikan dengan baik.

Nah, itu tadi 3 Kualifikasi Seorang Software Developer yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Pertanyaan Interview Seputar Game Developer


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar