Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Ingin Menjadi Pelawak? Pelajari 4 Tips Ini!
Siker.id | 06 Oct 2022 16:55


Bagikan ke
Tips menjadi pelawak (siker)

siker.id – Menjadi seorang pelawak atau komedian ternyata cukup diminati banyak orang. Bagaimana tidak? Penghasilan yang didapatkan juga lumayan besar, lho.

Ini tentu dengan catatan kamu menjadi pelawak kondang yang muncul di televisi-televisi. Kamu mungkin mengenal Sule, Andre Taulany, atau Komeng yang sering terlihat dalam acara variety dan comedy show di televisi.

Untuk menjadi seperti mereka tentu tidaklah mudah, dibutuhkan perjuangan panjang dari nol untuk meniti karir sebagai seorang pelawak. Nah, apakah kamu tertarik menjadi pelawak dan memiliki bakat melawak? Pahami tips-tips ini dulu ya!

Baca Juga: 5 Profesi Yang Cocok Untuk Kaum Introvert

Berfikir Cepat dan Berfikir Cerdas

Tips pertama ini penting dilakukan. Seorang pelawak yang bagus harus cepat dan cerdas dalam berfikir. Hal itu disebabkan karena lawakan seseorang menjadi kadaluwarsa (garing) apabila digunakan (lagi) oleh pelawak lain. Alhasil, dalam melawak -- diperlukan inovasi 'terus-menerus' agar tidak membosankan.

Selain itu, kecepatan berfikir diperlukan ketika melawak secara 'dadakan' alias tanpa persiapan. Tujuannya agar tidak kebingungan saat tampil dalam acara komedi yang sifatnya Live.

Memiliki Jiwa Penghibur

Tips kedua adalah kamu harus memiliki jiwa penghibur. Pelawak itu memiliki misi khusus untuk menghibur orang lain lewat lelucon. Leluconnya bisa dalam bentuk perkataan, tingkah laku, ekspresi wajah, dan lain sebagainya.

Untuk itu, seorang pelawak yang bagus, harus memiliki pondasi berupa 'jiwa penghibur'. Tujuan dari segala tingkah polahnya tidak lain dan tidak bukan ialah semata-mata ingin menghibur orang lain.

Baca Juga: 3 Profesi Dengan Gaji Tinggi Tapi Sepi Peminat

Percaya Diri & Totalitas

Tips selanjutnya adalah percaya diri dan totalitas. Ketika kamu memutuskan untuk menjadi pelawak, maka kamu harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi, plus totalitas. Bagaimana mungkin kamu bisa sukses jadi pelawak -- kalau kamu sendiri tidak percaya diri dengan lawakanmu.

Jadi, kamu harus melakukan lawakanmu secara total dan tidak setengah-setengah. Jangan pernah takut untuk menyampaikan lelucon, selama lelucon tersebut tidak mencela orang lain ataupun berbau SARA.

Memiliki Gaya Tersendiri dalam Melawak

Tips terakhir yang tak kalah penting adalah memiliki gaya tersendiri yang khas. Seorang pelawak yang bagus, biasanya memiliki ciri khas yang menentukan orisinalitasnya. Ciri khas yang dimaksud tidak harus dalam bentuk gaya lawakan dan penampilan, tapi bisa juga dalam bentuk perkataan ataupun gerak-gerik.

Nah, itu tadi 4 tips untuk menjadi seorang pelawak yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Begini 3 Cara Menjadi Pemain Film!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

TAG :

Komentar