Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Hal yang Harus Dikuasai Chief Compliance Officer!
Siker.id | 06 Oct 2022 14:59


Bagikan ke
Hal yang harus dikuasai chief compliance officer (siker)

siker.id – Pada bidang manajemen risiko terdapat pekerjaan penting yang ada di dalamnya. Salah satu profesi tersebut adalah chief compliance officer atau biasa disingkat CCO. Sebenarnya siapa sih CCO itu? Apa tugas dan tanggung jawabnya?

CCO merupakan salah satu eksekutif yang ada di suatu manajemen perusahaan. Mereka bertanggung jawab untuk mengawasi kepatuhan organisasi terhadap hukum, persyaratan bisnis, peraturan karyawan, kebijakan, dan semua prosedur lainnya yang berlaku.

Sebagai pemimpin bidang compliance, tentu seorang CCO merupakan ahli di bidangnya dan telah memegang posisi compliance sejak lama. CCO juga bertanggung jawab untuk menetapkan standar dan prosedur agar mereka dapat memastikan bahwa program kepatuhan di seluruh organisasi berjalan dengan efektif dan efisien.

Nah, untuk menjadi seorang CCO diperlukan keterampilan, kemampuan serta pengalaman yang cukup. Pasalnya menjadi seorang pimpinan tidaklah mudah. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikkan sebelum menjadi CCO. Apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: 3 Kemampuan Wajib bagi Chief Operating Officer!

Keterampilan Manajemen Proyek

Hal pertama adalah mengenai keterampilan manajemen proyek. Tugas CCO adalah untuk memimpin pembuatan produk atau layanan baru dan secara efisien mengamati kepatuhan proyek pada prosedur yang berlaku.

Untuk itu, CCO perlu memahami seluk-beluk project management sehingga mereka dapat menerapkan praktik manajemen yang baik.

Skill ini juga mereka butuhkan untuk memulai, merencanakan, dan melaksanakan proyek hingga mencapai kriteria kesuksesan perusahaan sebelum batas waktu yang telah ditentukan.

Baca Juga: Begini 3 Tugas Seorang Chief Financial Officer!

Wawasan Finansial yang Memadai

Hal selanjutnya yang harus dimiliki oleh CCO yakni, pengetahuan finansial yang baik. Sebagai kepala dari tim kebijakan, CCO harus mampu untuk mencerna laporan laba dan rugi perusahaan.

Anggap saja mereka bertanggung jawab untuk mencegah semua risiko yang dapat merugikan perusahaan. Tanpa pengetahuan finansial yang cukup, sudah jelas bahwa mereka tidak akan bisa untuk menuntaskan semua tugas.

Pengetahuan Records and Information Management (RIM)

Hal berikutnya yang tak kalah penting adalah pengetahuan mengenai RIM. Dikutip dari Compliance Week, pengelolaan RIM yang efektif dapat mencegah semua jenis risiko dengan jitu.

Maka dari itu, CCO harus mahir ketika akan mengelola RIM dan menyadari cara-cara terbaik untuk menerapkannya dalam sebuah perusahaan.

Nah, itu tadi 3 Hal yang Harus Dikuasai Chief Compliance Officer yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Pahami 4 Tugas Seorang Chief Marketing Officer Ini!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar