Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
6 Skill Wajib bagi Chief Technology Officer!
Siker.id | 06 Oct 2022 14:29


Bagikan ke
Skill wajib bagi chief technology officer (siker)

siker.id – Salah satu pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi adalah chief technology officer. Siapakah chief technology officer itu?

Seorang chief technology officer (CTO) merupakan eksekutif yang bertanggung jawab atas kebutuhan teknologi organisasi serta penelitian dan pengembangannya.

Seorang CTO ini juga memeriksa kebutuhan jangka pendek dan jangka panjang organisasi dan menggunakan modal untuk melakukan investasi yang dirancang untuk membantu organisasi mencapai tujuannya.

Nah, untuk menjadi CTO tentu dibutuhkan beberapa keterampilan. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Kemampuan Wajib bagi Chief Operating Officer!

Pemahaman Bisnis

Pertama, seorang CTO dituntut memiliki pemahaman bisnis yang baik. Ia harus memahami kebutuhan perusahaan dan menggunakan keterampilan bisnis tersebut demi mengembangkan dan mengawasi strategi yang tepat dalam peningkatan kesuksesan perusahaan.

Organisasi

Kedua, seorang CTO juga harus memiliki keterampilan organisasi yang baik di dalam tim. Bergantung pada ukuran perusahaan, seorang CTO dimungkinkan untuk mengelola beberapa departemen seperti infrastruktur, keamanan data, dan helpsdesk support.

Hal ini menyebabkan kemampuan organisasi seorang CTO amat dibutuhkan untuk memastikan setiap departemen dapat bekerja satu sama lain.

Infrastructure Overseer

Skill berikutnya adalah infrastructure overseer. CTO juga penting untuk memiliki kemampuan dan dasar pengetahuan terkait keamanan, jaringan, pemeliharaan berbagai sistem dan teknologi yang digunakan.

Selain itu, juga sangat penting untuk merancang dan mengembangkan roadmap bisnis mengenai teknologi yang digunakan untuk kedepannya. Sehingga, setiap posisi dalam sebuah tim dapat tersinkronisasi dengan baik dan mampu beradaptasi dengan lebih cepat untuk mencapai goals utama bisnis.

Baca Juga: Begini 3 Tugas Seorang Chief Financial Officer!

Kepemimpinan

Karena seorang CTO ini menjabat sebagai eksekutif perusahaan, maka ia bertugas mengawasi manajer dan tim untuk memastikan semua hal teknis di perusahaan berjalan dengan baik.

Hal ini membutuhkan kemampuan kepemimpinan supaya seorang CTO mampu mendelegasikan tugas dan memberikan bimbingan pada seluruh jajarannya.

Komunikasi

Salah satu skill wajib yang perlu dimilikki seorang CTO adalah kemampuan komunikasi lisan dan tulisan dengan mumpuni. Ya, hal ini dilakukan agar seorang CTO dapat unggul dalam pekerjaan dan dapat membangun kerja sama dengan baik.

Pengambilan Keputusan

Skill yang tak kalah penting adalah dalam hal pengambilan keputusan. Seorang CTO harus bertanggung jawab dalam membuat keputusan penting terutama yang berkaitan dengan teknologi.

Hal ini mencakup teknologi internal dan urusan produksi hingga pemasaran. Oleh sebab itu, seorang CTO yang baik harus dapat mengambil keputusan tepat agar mampu memengaruhi progresivitas perusahaan.

Nah, itu tadi 6 Skill Wajib bagi Chief Technology Officer yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Pahami 4 Tugas Seorang Chief Marketing Officer Ini!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar