Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Keahlian yang Perlu Dimiliki Produser Radio
Siker.id | 06 Oct 2022 14:15


Bagikan ke
4 Keahlian yang Perlu Dimiliki Produser Radio (siker)

siker.id - Produser radio memiliki peran penting di balik semua proses penyiaran, baik dari menyalurkan ide-ide baru, mengelola respons audiens mengenai konten, dan evaluasi performa announcer. Produser juga melakukan koordinasi dengan asisten penyiaran bintang tamu, hingga teknisi.

Selain itu, mereka juga sering bepergian dam membantu proses liputan program. Jika kamu ingin menjadi produser radio maka kamu harus beriap untuk selalu bersiap untuk membaur dengan kebutuhan stasiun radio.

Baca Juga : Penasaran Apa Pekerjaan Seorang Produser? Ini Dia!

Nah, apa saja sih keahlian yang harus kamu miliki jika ingin menjadi produser radio ?

Berikut adalah beberapa kemampuan yang perlu kamu miliki!

1. Komunikatif dan ramah

Kemampuan untuk membangun hubungan dan kepercayaan dengan orang-orang dari semua latar belakang merupakan seorang produser yang diinginkan oleh stasiun radio.

2. Kualifikasi latar belakang pendidikan

Produser radio pada umumnya tidak menuntut kandidatnya untuk memiliki ijazah dalam lingkup studi yang spesifik. Akan tetapi studi di bidang kajian media, ilmu komunikasi, produksi radio, broadcasting, dan seni music lebih diunggulkan untuk menjadi produser radio.

Baca Juga : 5 Skill yang Harus Dimiliki Broadcaster

3. Mampu memahami audiens

Stasiun radio memiliki orientasi terhadap keinginan para pendengarnya. Oleh sebab itu, produser radio wajib untuk bisa menganalisis keinginan para pendengar, dan harus mampu menerapkan pada setiap program.

4. Kreatif dan ahli menjalankan riset

Produser radio harus memiliki keterampilan penelitian untuk konsep sebuah acara siaran. Penelitian produser biasanya berhubungan dengan playlist program, fakta mengenai beberapa diskusi yang akan disajikan, dan pemilihan narasumber yang tepat bagi program.

Nah, itu tadi beberapa keahlian yang perlu dimiliki produser radio.

Jangan lupa like, komen, dan share ya sobat siker.

Baca Juga : Tips Menjadi Seorang Produser Musik

 

 

 

 

 

 


Reporter: Novian Dwi Prasetyo
Editor: -

     

Komentar