Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Ini Lho Skill yang Dibutuhkan Jika Kamu Ingin Jadi Jurnalis
Siker.id | 05 Oct 2022 15:15


Bagikan ke
Ini Lho Skill yang Dibutuhkan Jika Kamu Ingin Jadi Jurnalis (siker)

siker.id - Apa sih itu jurnalis ?

Jurnalis adalah seseorang yang menganalisis, mengumpulkan, dan melaporkan sebuah berita melalui berbagai media. Publik disajikan berita oleh jurnalis dalam bentuk audio, audio visual, dan teks. Spesialisasi bidang seorang jurnalis bisa dipilih sesuai dengan apa yang mereka inginkan, seperti olahraga, politik, jurnalisme data, dan lain-lain.

Nah, jika kamu ingin menjadi seorang jurnalis, kira-kira skill apa saja sih yang dibutuhkan ?

Baca Juga : Apa Saja Manfaat Quality Control ?

Simak penjelasan berikut ya!

1. Menulis

Skill yang dibutuhkan jurnalis yang pertama adalah menulis. Menulis merupakan skill dasar yang harus dimiliki oleh jurnalis. Kamu harus mengetahui bagaimana cara membuat tulisan yang ringkas dan jelas.

2. Interview skill

Skill yang dibutuhkan jurnalis yang kedua adalah interview skill. Bukan hanya sekedar member pertanyaan, akan tetapi kamu juga harus bisa melakukan riset dan mempertahankan skill listening agar bisa menggali informasi yang berkualitas.

Baca Juga : Begini Lho Cara Kerja Quality Control !

3. Investigasi

Skill yang dibutuhkan jurnalis yang ketiga adalah investigasi. Seorang jurnalis harus benar-benar menggali sebuah kasus agar berita yang dilaporkan sesuai dengan fakta. Jurnalis yang melakukan investigasi dengan baik akan menghindarkan dan melindungi masyarakat dari dari ancaman hoax.

4. Video atau foto

Skill yang dibutuhkan jurnalis yang keempat adalah video atau foto. Foto dan video untuk keperluan journalism memiliki perbedaan prinsip dengan karya foto dan video pada umumnya.

Oleh sebab itu, seorang jurnalis harus mempelajari cara foto dan video yang member dampak besar bagi publik yang mengonsumsi berita tersebut.

Nah, itu tadi beberapa skill yang dibutuhkan oleh jurnalis.

Jangan lupa like, komen, dan share ya sobat siker.

Baca Juga : 4 Skill yang Dibutuhkan Solution Analyst

 

 

 

 


Reporter: Novian Dwi Prasetyo
Editor: -

     

Komentar