Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Ketahui 6 Jenis Auditor Ini!
Siker.id | 04 Oct 2022 13:15


Bagikan ke
Jenis auditor (siker)

siker.id – Pekerjaan sebagai auditor memiliki tanggung jawab untuk melakukan audit pada beragam jenis laporan yang berhubungan dengan keuangan dalam suatu entitas, baik itu organisasi, lembaga, perusahaan, ataupun instansi pemerintahan.

Untuk menjadi auditor tentu harus memiliki keahlian dan juga kualifikasi khusus untuk melakukan pekerjaan audit pada laporan keuangan. Auditor yang memiliki kualitas dan kinerja yang baik memiliki hubungan yang erat pada reputasi auditor itu sendiri.

Nah, tahukah kamu jika auditor ini dibagi menjadi beberapa jenis. Apa saja kah itu? Begini penjabarannya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Langkah untuk Menjadi Seorang Auditor

Auditor Eksternal

Jenis auditor pertama adalah auditor eksternal. Auditor eksternal dibutuhkan perusahaan untuk tanggung jawab tertentu. Auditor eksternal bisa berupa lembaga akuntansi atau audit independen yang bekerja pada sebuah perusahaan untuk melakukan pemeriksaan keuangan.

Auditor Pajak

Jenis kedua adalah auditor pajak. Auditor pajak ialah seorang auditor yang bekerja untuk melayani Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Tugas auditor pajak yakni mengaudit sejumlah wajib pajak dan memastikan apakah sudah sesuai dengan peraturan perundangan atau belum.

Auditor Forensik

Jenis selanjunya adalah auditor forensik. Auditor forensik merupakan seorang auditor spesialisasi di bidang kriminal keuangan. Sehingga, tugas utamanya ialah melakukan peninjauan terhadap seluruh dokumen terkait tindakan kriminal, misalkan melacak asal atau sumber uang dan money laundry.

Baca Juga: Apa Tugas dan Tanggung Jawab Auditor Internal?

Auditor Internal

Jenis berikutnya adalah auditor internal. Auditor internal adalah jenis auditor yang menjalankan pekerjaan untuk suatu perusahaan atau lembaga. Tugas internal auditor adalah melakukan peninjauan dokumen keuangan internal sebuah perusahaan, namun dengan ruang lingkup terbatas. Internal auditor juga bertanggung jawab meningkatkan validitas data keuangan perusahaan.

Auditor Pemerintah

Jenis auditor selanjutnya auditor pemerintah. Auditor pemerintah adalah seorang auditor yang bekerja melayani lembaga-lembaga atau perusahaan milik pemerintah. Beberapa tugas yang harus dikerjakan bagi auditor pemerintah antara lain adalah untuk mengawasi aliran keuangan dan praktek di lembaga atau instansi pemerintahan.

Auditor Independen

Jenis auditor yang juga banyak ada adalah auditor independen. Auditor independen merupakan seorang anggota kantor akuntan publik yang bekerja secara eksternal untuk memberikan pelayanan pada masyarakat yang memang sedang memerlukan jasa audit. Jenis ini tidak boleh dipengaruhi oleh pihak luar ataupun pihak mana saja. Di luar negeri, mereka sering kali disebut dengan CPA.

Nah, itu tadi 6 jenis auditor yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Tips Menghindari Fraud Dalam Laporan Keuangan


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar