Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bagaimana Caranya Mempertahankan Motivasi Kerja?
Siker.id | 26 Nov 2021 08:30


Bagikan ke
Memotivasi kerja karyawan itu perlu sebagai bagian untuk perusahaan tetap dalam kondisi produktif. (siker)

siker.id - Mengembangkan bisnis tidak harus selalu dilakukan melalui perubahan strategi. Sebaiknya mulailah dari pembenahan kondisi internal perusahaan. Sudahkah karyawan Anda mengerahkan usaha maksimal selama bekerja? Jika jawabannya adalah belum, mungkin sebetulnya yang mereka butuhkan adalah motivasi kerja. Ya, tak perlu hal-hal muluk untuk meningkatkan performa para karyawan. Hal sesimpel motivasi dalam bekerja sudah dapat membantu Anda untuk mengembangkan bisnis. Berikut ulasannya!

Baca juga: Tips Motivasi Diri Sendiri, Biar Makin Aktif dan Produktif

Pentingnya Motivasi Kerja

Motivasi merupakan suatu perasaan atau bentuk keinginan dalam diri untuk mencapai suatu hal. Dalam hal ini yaitu karyawan, mereka membutuhkan motivasi untuk dapat menyelesaikan pekerjaan yang telah diberikan oleh perusahaan. Apabila motivasi itu hilang dari dalam diri karyawan, tentu saja hal tersebut akan memiliki pengaruh dan dampak yang besar bagi keberlangsungan perusahaan Anda. Maka dari itu, Anda perlu memahami betapa pentingnya motivasi untuk dapat mendorong semangat kerja karyawan.

Alasan Pentingnya Memotivasi Karyawan

Meningkatkan Retensi Karyawan

Pada dasarnya, setiap karyawan baru masuk pasti akan berusaha semaksimal mungkin mengerjakan apa yang menjadi tugasnya dan sebetulnya mereka memiliki motivasi kerja yang cukup tinggi. Tugas Anda adalah mencegah agar tingkat motivasi tersebut tidak menurun atau bahkan hilang sama sekali. Selama perusahaan Anda memiliki arah yang jelas, respek yang baik terhadap sesama karyawan, dan memiliki resources yang dibutuhkan karyawan untuk bekerja, kemungkinan besar mereka akan bertahan di perusahaan Anda.

Membantu Meringankan Tugas Anda

Keuntungan satu ini biasanya sangat dirasakan pada bisnis berskala kecil. Dengan jumlah karyawan yang tidak seberapa, karyawan yang termotivasi tidak akan segan untuk membantu tugas operasional sehari-hari Anda. Dengan begitu, Anda memiliki waktu lebih untuk memikirkan hal-hal lain yang lebih penting. Sebaliknya, karyawan yang memiliki motivasi bekerja rendah bisa menghalangi bisnis kecil Anda untuk berkembang karena mereka tidak mampu memberikan performa dengan kualitas yang Anda harapkan.

Meningkatkan Nilai Produk

Adanya karyawan yang memiliki motivasi kerja di perusahaan dapat membantu Anda untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi. Motivasi dalam bekerja yang dirasakan karyawan akan membuat mereka merasa bahwa produk yang mereka kerjakan merupakan produk mereka sendiri. Hasilnya, mereka akan memastikan bahwa produk tersebut memiliki nilai spesial bagi pelanggan. Tanpa diminta, mereka bersedia menempuh langkah yang lebih jauh untuk membuat produk Anda menonjol dan unggul dari produk milik kompetitor.

Karyawan Tidak Akan Cepat Puas terhadap Diri Sendiri

Motivasi diri dalam bekerja dapat menciptakan lingkungan kerja yang positif dan kondusif. Karyawan akan merasa passionate dengan apa yang mereka kerjakan berkat adanya motivasi kerja tersebut. Tanpa adanya ketertarikan terhadap pekerjaan sehari-hari, karyawan bisa merasa “lepas” dari target perusahaan secara keseluruhan sehingga mengurangi kualitas performanya. Bukannya memberikan kinerja terbaik, mereka hanya akan bekerja seadanya demi tidak dipecat. Karyawan pun menjadi cepat merasa puas dan tanpa sadar bekerja dengan menerapkan level di bawah kemampuan mereka, padahal sebenarnya mereka bisa melakukan lebih dari itu.

Baca juga: Mengapa Sering Terjadi Konflik Kerja di Perusahaan?

Mendorong Kreativitas, Komitmen, dan Energi Karyawan

Apapun bidang bisnisnya, kreativitas dan energi sangat dibutuhkan saat bekerja. Keduanyalah yang menjadi asupan wajib karyawan agar bisa terus menghasilkan inovasi yang lebih baik lagi. Nah, apabila karyawan tidak memiliki motivasi pekerjaan, mereka tidak akan mampu menawarkan ide-ide baru yang dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan bisnis dan mendapatkan klien-klien baru. Tanpa sadar, mereka juga membawa energi yang kurang positif ke lingkungan perusahaan. Akibatnya, produktivitas pun bisa menurun dan perkembangan bisnis tidak berjalan sesuai target.

Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan

Untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan, Anda dapat melakukan 4 cara berikut ini, yaitu:

Melakukan Outing

Karyawan membutuhkan refreshing atau rekreasi sejenak untuk melepas penat selama bekerja terus menerus di perusahaan Anda. Oleh karena itu, Anda dapat mengadakan kegiatan outing yang dapat meningkatkan semangat karyawan. Selain kegiatan outing, Anda juga bisa merencanakan acara liburan bersama dengan karyawan seperti menginap 2 hari 1 malam.

Mengubah Suasana Kerja

Untuk meningkatkan motivasi mereka kembali, Anda dapat mengubah suasana kerja dengan melakukan beberapa perubahan seperti mengganti susunan meja dan bangku, mengecat warna dinding, menambahkan dekorasi tertentu, atau bahkan memberikan berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh karyawan. Dengan demikian, karyawan Anda akan merasa lebih nyaman dan motivasi kerja pun kembali meningkat.

Mengadakan Forum Diskusi

Forum diskusi bisa menjadi salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan motivasi karyawan. Diskusi juga diperlukan oleh perusahaan untuk mencari solusi atau ide yang dapat digunakan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan.

Memberikan Reward

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk mendorong semangat kerja karyawan di perusahaan adalah dengan memberikan reward. Berikanlah reward berupa bonus, hadiah, atau bahkan voucher belanja sebagai rasa terima kasih Anda atas seluruh usaha yang telah dikeluarkan oleh karyawan untuk perusahaan.

Sekian artikel tentang cara memotivasi karyawan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Mengapa Banyak Karyawan Mengalami Stres Kerja?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar