Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Begini Cara Menjadi Seorang Leader !
Siker.id | 27 Sep 2022 14:30


Bagikan ke
Begini Cara Menjadi Seorang Leader ! (siker)

siker.id - Leader merupakan individu yang memiliki kemampuan untuk memengaruhi dan memimpin orang lain dengan memberi contoh. Leader adalah seseorang yang memegang posisi dominan dan memimpin orang lain dengan memberi contoh sehingga orang termotivasi dan mengikuti jejak atau arahannya. Selain itu, leader adalah seorang dengan visi, yang tetap berkomitmen untuk tujuannya dan berusaha terus menerus untuk mencapainya.

Baca Juga : 3 Ciri-Ciri Pemimpin Yang Toxic

Beikut adalah beberapa cara menjadi seorang leader.

1. Mendengarkan dan berkomunikasi secara efektif

Kepemimpinan transformasional efektif ketika pemimpin mampu mengomunikasikan visi mereka kepada karyawannya, yang kemudian merasa terinspirasi dan termotivasi oleh visi ini. Leader yang baik harus mengungkapkan kepedulian dan perhatian yang tulus kepada anggota timnya baik secara verbal maupun nonverbal. Dengan menjaga jalur komunikasi tetap terbuka, kamu bisa memastikan bahwa anggota kelompok merasa mampu memberikan kontribusi dan menerima pengakuan atas pencapaian mereka.

2. Memiliki sikap positif

Menjadi leader harus memiliki sikap optimis dan optimis yang berfungsi sebagai sumber inspirasi bagi pengikut. Jika pemimpin tampak putus asa atau apatis, anggota tim kemungkinan besar juga menjadi tidak bersemangat. Bahkan ketika segala sesuatunya terlihat impossible dan anggota tim mulai merasa berkecil hati, cobalah untuk tetap positif. Ini penting dilakukan untuk memelihara rasa optimisme dan harapan dalam menghadapi tantangan.

Baca Juga : 3 Tips Menjadi Pemimpin Secara Virtual

3. Mendorong tim untuk berkontribusi

Biarkan anggota tim tahu bahwa kamu menyambut ide-ide mereka. Leader yang mendorong keterlibatan dari anggota kelompok sering disebut sebagai leader yang demokratis atau partisipatif. Cobalah untuk mendorong anggota tim untuk mengambil peran aktif dalam menghasilkan ide dan rencana.

Nah, itulah tadi cara menjadi seorang leader sobat siker.

Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih

Baca Juga : 5 Hal Ini Tidak Boleh Dilakukan Oleh Pemimpin

 

 


Reporter: Novian Dwi Prasetyo
Editor: -

     

TAG :

Komentar