Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Yuk ! Tingkatkan Motivasi Kerja dengan Cara Ini
Siker.id | 25 Nov 2021 15:11


Bagikan ke

siker.id - Motivasi Kerja adalah kemauan kerja yang timbul karena adanya dorongan dari dalam diri karyawan sebagai hasil integrasi keseluruhan daripada kebutuhan pribadi, pengaruh lingkungan fisik dan sosial dimana kekuatannya tergantung daripada proses pengintegrasian tersebut.

Motivasi kerja perlu dipertahankan dan membutuhkan upaya yang berkelanjutan. Dalam sebuah perusahaan adalah hal yang wajar jika motivasi karyawan naik turun karena setiap pekerja punya dinamikanya sendiri

Dalam dunia bisnis dan kerja, kita tahu bahwa karyawan adalah sosok yang memegang peranan penting untuk menggerakkan bisnis bersama-sama dengan tim dalam meraih tujuan perusahaan. Tidak heran jika motivation atau motivasi karyawan menjadi hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan dalam setiap manajemen perusahaan. Mengapa demikian? Karena jika karyawan memiliki motivasi kerja yang bagus, maka produktivitas kerja juga akan meningkat. Lantas, apa sih yang dimaksud dengan motivasi karyawan? Motivasi karyawan adalah suatu rasa atau dorongan semangat yang memacu individu untuk bekerja lebih baik lagi dari sebelumnya, dan memberikan kinerja terbaik demi meraih suatu tujuan yang diharapkan.

Baca juga: Berikut Cara Sukses Menjadi Seorang Trainer

Agar produktivitas tetap baik terjaga, Anda mungkin membutuhkan motivasi di baliknya. Dimulai dengan langkah-langkah kecil, berikut ini cara bangkitkan motivasi kerja untuk membantu diri senantiasa produktif:

1. Buat daftar rencana aktivitas seharian

Pekerjaan yang menumpuk tanpa alur cenderung akan menambah rasa malas dan berisiko memicu Anda menjadi tidak produktif. Anda bisa membuat rencana aktivitas setiap malam sebelum tidur untuk mencegah penumpukan pekerjaan di keesokan harinya.Tuliskan hal-hal yang hendak Anda lakukan di pagi hari sebelum ke kantor, saat di kantor, dan setelah pulang dari kantor. Dengan adanya daftar bersekat waktu tersebut, Anda akan merasa memiliki deadline dan lebih memacu diri untuk menyelesaikan masing-masing poin to do list Anda.

2. Rincikan tiap aktivitas untuk memudahkan eksekusi

Daftar pekerjaan yang lebih rinci akan memudahkan kita untuk mengidentifikasi tugas yang mudah dilakukan dan tugas yang memerlukan sedikit bantuan dari kolega atau atasan.Kemudian, berilah tanda setiap kali Anda sudah menyelesaikan satu tugas. Setiap kali Anda memberikan tanda pada pekerjaan yang sudah selesai, tubuh akan mengeluarkan sedikit dopamin, hormon kebahagiaan di dalam diri kita. Pelepasan hormon tersebut tentu akan memberikan motivasi kerja dan meningkatkan mood di tugas-tugas berikutnya.

3. Senantiasa dengarkan sinyal dari diri sendiri

Motivasi kerja tak akan merekah apabila Anda mengabaikan hal-hal yang dibutuhkan oleh tubuh. Sinyal-sinyal dari tubuh tersebut termasuk rasa lapar atau rasa haus di tengah-tengah jam kerja, atau rasa capek saat memasuki jam pulang.

Baca juga: Berikut Proses Recruitment Karyawan Baru, Selengkapnya

4. Alokasikan waktu lima menit untuk istirahat

Alokasikan waktu selama lima menit untuk bersantai, seperti jalan sebentar menyusuri gedung-gedung kantor, duduk-duduk di pantry, atau sekadar melakukan peregangan di meja Anda.Ahli setuju bahwa beristirahat lima menit tersebut dapat berefek besar untuk mengembalikan fokus Anda, dan sebenarnya sangat menunjang untuk membantu meningkatkan produktivitas.

5. Buat playlist untuk bangkitkan motivasi kerja

Motivasi kerja dapat dipicu oleh unsur-unsur eksternal, seperti dari lagu-lagu yang Anda dengarkan selama bekerja. Sebelum bekerja, buatlah playlist lagu yang sangat personal dan memberikan motivasi bagi diri Anda.

Nah, itulah 5 cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan motivasi kerja di dalam suatu perusahaan. Selamat menerapkan cara-cara di atas ya dan semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih

Baca juga: Seberapa Penting Compensation dan Benefit Dalam Perusahaan?

 


Editor: Bagus -

     

Komentar