Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Begini 4 Indikator Utama Kinerja Karyawan
Siker.id | 23 Sep 2022 14:35


Bagikan ke
Indikator utama kinerja karyawan (siker)

siker.id – Untuk menentukan kinerja karyawan sudah baik apa belum diperlukan sebuah pengukuran. Indikator kinerja dapat dikatakan sebagai patokan untuk mengukur kinerja dari para karyawan. Apa itu indikator kinerja?

Indikator kinerja menurut para ahli yaitu sebuah ukuran kinerja karyawan di sebuah organisasi atau perusahaan tertentu dalam mencapai tujuan organisasi/perusahaan.

Maka dari itu, perusahaan harus merumuskan indikator tersebut agar tujuan perusahaan bisa tercapai dengan baik. Selain untuk mencapai tujuan perusahaan, indikator kemampuan juga bermanfaat untuk mengetahui kinerja dari karyawan.

Nah, apa saja indikator utama dari kinerja karyawan? Berikut pembahasannya!

Baca Juga: Berikut Ini 5 Indikator Kepuasan Kerja Karyawan

Lingkungan Kerja

Indikator pertama adalah lingkungan kerja. Lingkungan kerja yang bersih dan nyaman akan membuat suasana hati setiap karyawan menjadi tenang dan menjadi lebih fokus saat bekerja. Perlengkapan alat kerja di kantor yang nyaman dan lengkap juga akan membuat setiap karyawan bekerja dengan maksimal.

Selain itu, pihak perusahaan juga harus bisa memperhatikan kesehatan dan tingkat keamanan karyawan di lokasi kerja dengan menyediakan lingkungan kerja yang menyenangkan dan sesuai dengan keperluan karyawan. Lingkungan juga meliputi relasi yang suportif antar seluruh karyawan.

Gaya Kepemimpinan

Indikator kedua adalah gaya kepemimpinan. Cara atasan atau pemimpin divisi perusahaan dalam memimpin karyawan anggota akan sangat memengaruhi performa perusahaan dan juga karyawan. Karyawan yang memiliki pemimpin yang baik pada umumnya akan mampu memberikan performa kinerja karyawan yang juga baik.

Pemimpin divisi atau atasan yang baik akan bekerja dengan cara mengayomi dan membimbing karyawan agar mampu menyelesaikan setiap tugas yang diberikannya kepada masing-masing karyawan tanpa tekanan yang berlebihan.

Baca Juga: Beberapa Indikator yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Karyawan

Motivasi Kerja

Indikator ketiga adalah motivasi kerja. Motivasi merupakan sebuah dorongan yang muncul pada setiap individu secara sadar maupun tidak sadar dalam melakukan suatu pekerjaan dengan tujuan tertentu.

Setiap karyawan tentunya mempunyai tingkat motivasi yang berbeda-beda. Beberapa karyawan ada yang memiliki motivasi bekerja untuk mendapatkan uang agar mampu memenuhi kebutuhan dan keinginannya.

Kompensasi

Indikator keempat adalah kompensasi. Kompensasi bisa diberikan kepada karyawan biasanya dalam bentuk bonus bagi kinerja karyawan yang mampu memberikan peningkatan atau target tertentu.

Kompensasi ataupun insentif sangat mampu menjadi pendorong peningkatan performa. Selanjutnya, kesempatan promosi jabatan ke level yang lebih tinggi juga bisa membuat karyawan dalam meningkatkan performa.

Nah, itu tadi 4 Indikator Utama Kinerja Karyawan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Kenali 4 Penyebab Turnover Karyawan Meningkat


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar