Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Kompetensi Karyawan yang Paling Dicari!
Siker.id | 22 Sep 2022 17:17


Bagikan ke
Kompetensi karyawan yang paling dicari (siker)

siker.id – Ketika kamu memasukki dunia kerja, kamu harus memiliki kompetensi diri agar kamu tidak kaget dalam memulai pekerjaan. Apalagi bagi kamu yang belum lulus kuliah, ada baiknya kalian mempelajari dan mengasah kompetensi kerja sehingga kalian langsung ‘nyetel’ saat nantinya bekerja.

Sebenarnya apa itu kompetensi? Kompetensi ialah suatu keterampilan atau kemampuan khusus yang diperlukan untuk melakukan suatu pekerjaan secara efektif.

Kompetensi kerja atau kompetensi karyawan dapat memberikan gambaran yang jelas tentang apa yang diharapkan dari karyawan dalam kaitannya dengan kinerja di tempat kerja.

Lantas, apa saja jenis kompetensi yang saat ini banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan? Berikut penjabarannya!

Baca Juga: 8 Tips Agar Kamu Menjadi Karyawan Terbaik!

Pola Pikir Ingin Terus Belajar

Sebagai seorang karyawan, tentu kamu harus memiliki pola pikir untuk belajar secara terus menerus. Heide Abelli dari Skillsoft pada Forbes menyebutkan bahwa pola pikir ingin terus belajar juga membantu karyawan beradaptasi di tengah perubahan industri yang berkembang pesat. Mereka juga memiliki peluang lebih baik untuk sukses dalam waktu lama.

Kecerdasan Emosional

Kompetensi selanjutnya adalah kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk memahami, mengevaluasi, dan merespons emosi diri sendiri dan emosi orang lain.

Daniel Goleman (2009) menjelaskan, kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang mengatur kehidupan emosinya dengan intelegensi, menjaga keselarasan emosi dan pengungkapannya melalui keterampilan kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi diri, empati dan keterampilan sosial.

Kecerdasan emosional juga dapat membantu karyawan mengatur emosinya sendiri dalam menyelesaikan pekerjaan atau menyelesaikan masalah personal dengan rekan kerja lainnya.

Berpikir Kritis

Kompetensi selanjutnya adalah memiliki pikiran kritis. Kemampuan untuk berpikir kritis sangat diperlukan untuk memetakan arah perusahaan.

Dengan memiliki tim yang inovatif dan mampu berpikir kritis dalam memecahkan masalah, perusahaan pasti dapat menghadapi tantangan dengan lebih baik.

Baca Juga: 5 Manfaat Evaluasi Kinerja Karyawan

Keterampilan Sosial & Komunikasi

Kompetensi ini juga tak kalah penting. Ketika bekerja dalam sebuah tim, keterampilan sosial dan komunikasi sangat diperlukan untuk memperlancar pekerjaan yang sedang dilakukan.

Komunikasi yang dimaksud di sini juga berlaku untuk komunikasi jarak jauh menggunakan tools seperti aplikasi chatting, email, juga aplikasi video jarak jauh.

Fleksibel

Memiliki kompetensi ini adalah hal yang sangat bermanfaat. Sebab, kondisi atau keadaan pekerjaan dapat berbeda dari sebelumnya. Contoh mudahnya adalah ketika kita memasukki masa pandemi, segala perubahan terjadi begitu saja.

Termasuk dalam bidang pekerjaan, biasanya kita bekerja secara langsung di kantor, namun kita harus fleksibel untuk menerapkan pekerjaan secara online melalui gawai dan perangkat yang kita miliki.

Maka dari itu, dengan memiliki karyawan yang fleksibel dan nyaman dengan perubahan serta ambiguitas, tentu akan membantu perusahaan melanjutkan kegiatan dengan lebih baik.

Nah, itu tadi 5 Kompetensi Karyawan yang Paling Dicari yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Jenis Kompetensi Teknis yang Ada Dalam Dunia Kerja


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar