Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Pelajari 4 Bentuk Kemampuan Adaptasi Ini!
Siker.id | 22 Sep 2022 17:00


Bagikan ke
Bentuk kemampuan adaptasi (siker)

siker.id – Era globalisasi memaksa kita untuk mau tidak mau beradaptasi dengan cepat. Termasuk dalam hal pekerjaan, kita dituntut untuk berkembang dengan keterampilan-keterampilan baru. Hal ini tentu sejalan dengan kebutuhan industri yang semakin kesini semakin banyak pekerjaan baru yang muncul. Terlebih dengan hadirnya teknologi informasi yang mempercepat proses pekerjaan dari yang tadinya konvensional kemudian modern. Tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para pekerja untuk mengaplikasikan kemampuan tertentu. Dengan kata lain, pekerja harus mampu memiliki kemampuan adaptasi agar mampu mengikuti kebutuhan pekerjaan.

Lantas, apa saja bentuk kemampuan adaptasi yang dapat diterapkan para pekerja? Berikut penjelasannya!

Baca Juga: 3 Tips Cepat Adaptasi Di Kantor Baru

Kemampuan Resourceful

Jenis kemampuan adaptasi adalah kemampuan resourceful. Sering kali, kamu mengetahui apa yang akan dikerjakan tetapi tidak memiliki sumber yang cukup. Jika kamu mudah beradaptasi, kamu akan dapat mencari sumber daya dan teknik baru yang belum pernah digunakan sebelumnya. Hal ini akan membuatmu dapat bertahan dalam kondisi kerja apapun.

Kemampuan Komunikasi

Bentuk selanjutnya adalah kemampuan dalam berkomunikasi. Kemampuan beradaptasi dapat bergantung pada seberapa efektif komunikasimu dengan rekan tim dan atasan. Mampu berkomunikasi dengan baik menunjukkan keinginanmu untuk berkembang dalam pekerjaan.

Kemampuan mendengar aktif dan bentuk komunikasi lain seperti komunikasi nonverbal adalah aspek adaptasi yang sama pentingnya. Mendengarkan secara aktif menunjukkan bahwa kamu memiliki perhatian dalam bekerja.

Baca Juga: 3 Tips Adaptasi Efektif Memulai WFO

Kemampuan Organisasi

Kemampuan organisasi merupakan salah satu bentuk kemampuan adaptasi. Keterampilan organisasi ini diperlukan agar kamu dapat beradaptasi di dunia kerja. Hal ini termasuk dalam mengatur dan menjaga area kerjamu tetap rapi selama berkerja.

Saat kamu mempertahankan area kerja, dokumen dan aspek lain dari pekerjaanmu dengan teratur, kamu dapat lebih siap ketika dibutuhkan dalam keadaan mendesak.

Kemampuan Kerja Sama Tim

Bentuk selanjutnya adalah kemampuan kerja sama tim. Kemampuan kerja sama tim penting untuk melakukan adaptasi dengan kepribadian dan dinamika kerja yang berbeda.

Hal ini terutama jika kamu bekerja dalam tim yang terdiri atas berbagai latar belakang yang berbeda. Mampu bekerja dalam tim yang beragam serta menangani konflik, perbedaan ide, dan dinamika lainnya akan menunjukkan seberapa adaptif kamu dalam lingkungan tersebut.

Nah, itu tadi 4 Bentuk Kemampuan Adaptasi yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Tips Adaptasi si Introvert di Lingkungan Kerja


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar