Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Alasan Karyawan Adalah Aset Penting Perusahaan
Siker.id | 25 Nov 2021 17:15


Bagikan ke
Karyawan adalah salah satu aset penting perusahaan dan sudah menjadi tugas managemen pusat untuk menjaga kekompakan karyawan agar tetap loyal pada perusahaan. (siker)

siker.id - Aset adalah bagian yang sangat penting bagi perusahaan. Perusahaan memiliki aset agar bisnisnya dapat terus berjalan dengan baik. Aset tidak hanya berbentuk seperti uang, tanah, bangunan, dan peralatan. Namun sumber daya manusia juga merupakan aset dalam perusahaan. Sumber daya manusia seperti karyawan adalah aset yang sangat penting bagi perusahaan. Karyawanlah yang dapat membantu bisnis agar terus berjalan dengan lancar. Lalu mengapa karyawan bisa menjadi asset utama dalam perusahaan?

Baca juga: Mengapa Banyak Karyawan Mengalami Stres Kerja?

Karyawan Sebagai Aset Perusahaan

Karyawan adalah salah satu aset terpenting bagi perusahaan. Dengan kepuasan dari karyawan terhadap perusahaan, tidak menutup kemungkinan bagi karyawan untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan. Karyawan juga memiliki peran penting dalam perkembangan bisnis perusahaan, seperti:

• Meningkatkan Daya Saing Perusahaan, setiap karyawan memiliki kemampuan dan potensi yang berbeda-beda. Dengan adanya perbedaan ini, karyawan dapat meningkatkan kualitas kerja mereka masing-masing yang secara yang dapat meningkatkan daya saing perusahaan.

• Memberikan Inovasi Baru, perusahaan terkadang mengalami jalan buntu ketika ingin mengembangkan bisnisnya. Dengan kreativitas karyawan, perusahaan dapat membuat inovasi dalam bisnisnya yang akan memengaruhi keberlangsungan dan juga perkembangan bisnis.

• Menjaga Citra Perusahaan, karyawan sangat berpengaruh dalam menjalin hubungan antara pihak internal maupun eksternal. Dengan adanya hubungan baik yang dijalin antara karyawan dan pihak lain, perusahaan akan mendapatkan citra yang baik juga dari pihak-pihak tersebut.

Peran Karyawan Dalam Keberlangsungan Bisnis Perusahaan

Lalu apa saja peran karyawan dalam keberlangsungan bisnis perusahaan? Berikut lima peran karyawan yang perlu Anda ketahui:

Menjaga Stabilitas Pekerjaan

Penurunan dan peningkatan produktivitas kerja adalah fase yang pasti ada dan akan terus terjadi. Sudah seharusnya, baik pimpinan perusahaan maupun karyawan, atau siapa pun memahami hal ini. Bahwa peran karyawan bukan hanya bekerja saja, tapi juga menjaga stabilitas pekerjaan. Menjaga stabilitas pekerjaan adalah tantangan. Pekerjaan yang terus bertambah dan waktu istirahat yang tidak digunakan dengan bijak adalah salah duanya.

Baca juga: Berikut Alasan Karyawan Sering Kerja Lembur

Meningkatkan Kualitas Kerja Lewat Potensi Karyawan

Setiap karyawan mempunyai potensi yang berbeda. Namun, hal ini ternyata bisa meningkatkan kualitas kerja, apalagi bila perbedaan potensi di masing-masing karyawan ini sanggup dioptimalkan.

Inovatif dan Mempunyai Kreativitas yang Tinggi

Gagasan-gagasan untuk melebarkan sayap perusahaan kadang menemukan jalan buntu. Dibutuhkan inovasi dan kreativitas yang tinggi dari seluruh karyawan, terutama pimpinan yang mempunyai kendali atas otoritas perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan karyawan yang inovatif dan kreatif serta mau bekerja keras, daripada karyawan dengan gelar tinggi tapi hanya ingin bekerja yang ‘enak-enak’ saja.

Menjalin Komunikasi dengan Pihak Intern dan Ekstern

Komunikasi dengan pihak intern maupun ekstern juga penting dilakukan karyawan. Selain demi keberlangsungan perusahaan, hal ini juga memudahkan dalam memperluas relasi karyawan itu sendiri. Meskipun tidak bisa dilalukan secara intens, komunikasi itu cukup dilakukan dengan baik tanpa melibatkan kepentingan tertentu.

Menjaga Nama Baik Perusahaan

Dari keempat peran karyawan di atas, yang terakhir yang perlu dilakukan adalah menjaga nama baik perusahaan. Bagaimana pun kondisi perusahaan, bagaimana pun cara kerja perusahaan atau sikap dengan rekan sesama karyawan, sebaiknya setiap karyawan menyembunyikan hal ini, terutama terhadap orang-orang di luar organisasi. Peran karyawan yang satu ini memang terkesan impresif. Tapi masing-masing perusahaan mempunyai kebijakan, dan kebijakan itulah yang menciptakan peran-peran karyawan, yang penting dalam keberlangsungan bisnis perusahaan.

Sekian artikel tentang pentingnya karyawan dalam suatu perusahaan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Wajib Tahu ! Ini Hak Karyawan jika Terkena PHK


Editor: Theo Adi -

     

Komentar