Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Mengapa Perusahaan Perlu Pelatihan SDM buat Karyawannya?
Siker.id | 25 Nov 2021 16:00


Bagikan ke
Perusahaan saat ini sangat perlu melakukan pelatihan sdm secara berkala untuk meningkatkan skill sumber daya manusianya. (siker)

siker.id - Sumber Daya Manusia memiliki peranan yang sangat penting bagi perusahaan. Karyawan merupakan aset bagi perusahaan, karena keberhasilan perusahaan dapat diraih karena adanya karyawan yang kompeten dalam perusahaan tersebut. Dengan kualitas kinerja yang baik dari karyawan akan memberikan efek yang positif pada karyawan maupun perusahaan itu sendiri. Setiap perusahaan yang mampu bersaing harus memiliki SDM yang berkualitas dan kompeten. Namun untuk membentuk karyawan dengan kinerja yang baik, tentunya perusahaan harus memberikan sebuah program pelatihan dan pengembangan bagi setiap karyawan di perusahaannya. Berikut ini alasan mengapa pentingnya melatih SDM perusahaan.

Baca juga: Sebelum Kerja Pahami Makna dan Jenis Pelatihan Kerja

Jenis Pelatihan SDM Karyawan

1. Training Pembekalan

Training yang satu ini biasanya dilaksanakan ketika seorang karyawan baru saja bergabung dengan perusahaan. Training pembekalan ini meliputi pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap calon karyawan agar bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja barunya serta bisa menempatkan diri di perusahaan sesuai dengan peranan, posisi, dan tugasnya.

2. Training Pendidikan untuk Pengembangan

Pendidikan untuk pengembangan merupakan jenis training kelas menengah yang biasanya diberikan kepada para pekerja yang akan atau sudah dipromosikan ke posisi yang lebih tinggi. Training yang satu ini dimaksudkan untuk mencetak para tenaga manajerial handal yang kelak bisa memimpin perusahaan menuju kesuksesan.

3. Training Pendidikan Aplikasi

Training SDM yang satu ini memiliki tujuan untuk mendukung seorang karyawan dalam melaksanakan fungsinya di sebuah posisi jabatan tertentu. Biasanya pelatihan ini dilaksanakan dengan metode in house training termasuk di dalamnya adalah workshop, seminar, hingga benchmarking sebuah profil perusahaan yang sukses atau potensial. Training yang satu ini dapat meningkatkan semangat kerja dari karyawan serta dapat memberikan gambaran luas mengenai perusahaan lain yang sudah sukses dalam bidang yang serupa.

Baca juga: Ingin Jadi Supervisor? Lakukan Cara Ini

Manfaat Pelatihan SDM

Manfaat pelatihan dan pengembangan SDM bagi perusahaan:

1. Perusahaan akan dapat mempersiapkan tantangan yang akan datang.

2. Perusahaan akan mampu beradaptasi dengan cepat dalam kemajuan teknologi maapun alat-alat baru.

3. Perusahaan mempu bersaing dengan pesaing-pesaingnya.

4. Perusahaan akan mampu memberikan produk atau jasa yang berkualitas sehingga akan meningkatkan citra positif perusahaan.

5. Perusahaan dapat mempersiapkan karyawan untuk kenaikan jabatan.

Manfaat pelatihan dan pengembangan SDM bagi karyawan:

1. Produktivitas karyawan meningkat

2. Karyawan akan memahami dan bertanggungjawab dengan jobdesk yang dimilikinya

3. Skill dan sikap karyawan akan menjadi lebih baik

4. Karyawan akan dapat menghindari kesalahan yang akan merugikan perusahaan

Sekian artikel tentang pentingnya pelatihan SDM dalam perusahaan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Persamaan dan Perbedaan Supervisor dan Manager?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar